Tim Safari Dakwah Ramadan MUI Deliserdang Sosialisasi Hukum Zakat Fitrah

Andy Liany - Minggu, 31 Maret 2024 09:32 WIB
Tim Safari Dakwah Ramadan MUI Deliserdang Sosialisasi Hukum Zakat Fitrah
antara
Tim Safari Dakwah Ramadan MUI Deliserdang Sosialisasi Hukum Zakat Fitrah
bulat.co.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Deliserdang, Sumatera Utara melakukan sosialisasi fatwa MUI Nomor 65 Tahun 2022 tentang hukum masalah-masalah terkait zakat fitrah kepada umat Muslim melalui Tim Safari Dakwah Ramadan MUI yang menyasar 22 kecamatan di daerah itu.

Ketua MUI Deli Serdang KH Amir Panatagama di Lubuk Pakam, Sabtu, mengatakan pihaknya menurunkan Tim Safari Dakwah Ramadan selama beberapa hari untuk membangun tali silaturrahim antar-sesama, khususnya sesama umat Muslim yang berada di Kabupaten Deliserdang.

Advertisement

Selain itu, tim juga akan melakukan sosialisasi terkait Fatwa MUI Nomor 65 Tahun 2022 tentang hukum masalah-masalah terkait zakat fitrah. Hal itu dinilai penting disosialisasikan agar umat Muslim semakin paham hukum zakat.

Baca Juga:

"Kegiatan dimulai 29 - 31 Maret 2024. Tim akan hadir di 22 Kecamatan se-Kabupaten Deliserdang. Safari Ramadan dimulai saat menjelang akhir Ramadhan, nantinya tim akan turut mensosialisasikan Fatwa MUI Nomor 65 Tahun 2022 tentang hukum masalah-masalah terkait zakat fitrah," katanya.

Selain menyandang bulan maghfirah, Ramadan juga dapat disebut sebagai bulan silaturrahim, karena di dalamnya terdapat momen dan jalinan kebersamaan antar-sesama Muslim seperti dalam ibadah shalat tarawih berjamaah, salat wajib berjamaah dan ibadah lainnya yang dilakukan secara bersama.

"Jadi, makna silaturrahim yang dilakukan pada Ramadan, selain akan menumbuhkan semangat sosial dengan ikatan spiritual, juga akan menumbuhkan kepuasan batin bahwa kehidupan bersama harus tetap dijaga, dipupuk, distimulasi dan dikembangkan dalam ekspresi keberagamaan," katanya.

Ia mengatakan dalam rangka implementasi nilai tersebut, pelepasan Tim Safari Dakwah MUI merupakan salah satu bentuk sikap dan peran MUI dalam membangun tali silaturrahim antar-sesama, khususnya sesama umat Muslim yang berada di Kabupaten Deliserdang.

"Saya berpesan dan berharap melalui kegiatan safari dakwah ini dapat menjadi wadah komunikasi dalam penyampaian pesan-pesan agama lewat tausiyah, sekaligus sarana menjalin ukhuwah Islamiah di antara masyarakat melalui tim safari yang ditunjuk di masing-masing masjid yang dikunjungi," katanya.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan selamat kepada tim Safari Dakwah.

"Jalankan tugas dan amanah yang diberikan, semoga perjalanan tim safari dakwah MUI Kabupaten Deliserdang dapat membawa rahmat dan berkah di tengah masyarakat," katanya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru