Lion Air Bawa Jamaah Umroh Berputar-putar di Binjai, Dampak Uji Coba Rudal India

Hadi Iswanto - Selasa, 12 Maret 2024 22:00 WIB
Lion Air Bawa Jamaah Umroh Berputar-putar di Binjai, Dampak Uji Coba Rudal India
Dok
Pesawat Lion Air berputar putar di langit Kota Binjai buntut dari uji coba rudal India
bulat.co.id - Pesawat Lion Air JT106 rute Surabaya-Jeddah bikin heboh dengan berputar-putar belasan kali di langit Kota Binjai, Sumut, pada Senin (11/3) kemarin. Ternyata peristiwa itu ada kaitannya dengan uji coba rudal di wilayah India dekat dengan Srilanka dimana pesawat pengangkut jemaah umrah itu akan melintas.

Lion Air menyatakan, pengalihan pendaratan (divert) pesawat ke Kualanamu dilakukan karena ada Notice to Airmen (Notam) dari otoritas Sri Lanka yang isinya tentang perubahan waktu penutupan sementara wilayah udara (FIR/Flight Information Region) Colombo, Sri Lanka.

Advertisement

Sementara, rute Lion Air mengarah ke Jeddah, Arab Saudi, harus melewati wilayah udara Sri Lanka.

Baca Juga:

Pesawat harus mendarat di Kualanamu untuk menunggu pembukaan wilayah udara Srilanka.

Namun, sebelum mendarat di Kualanamu, Lion Air berputar-putar (holding) di atas Kota Binjai untuk mengurangi berat pesawat melalui pemakaian avtur atau bahan bakar.

Peristiwa putar-putar di Binjai ini viral di medsos.

"[Holding] Ini langkah yang diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi pesawat atau berat pesawat saat melakukan pendaratan," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam pernyataan tertulis.

Setelah mendarat Kualanamu dan menunggu, pesawat kemudian terbang ke tujuan. Pesawat tiba di Jeddah menjelang pukul 12 malam, terlambat beberapa jam dari jadwal.

Notam dari India

Berdasar penelusuran, soal Notam itu tercatat di METAR-TAF, aplikasi terkait dunia penerbangan yang mencatat Meteorological Aerodrome Reports (METAR), Terminal Area Forecasts (TAF), maupun Notam.

Notam yang aktif untuk wilayah udara Sri Lanka yang bertepatan saat Lion Air terbang tercatat pada 11 Maret pukul 11.00 UTC [18.00 WIB] hingga 16 Maret pukul 15.30 UTC. Notam yang dikeluarkan otoritas penerbangan Sri Lanka itu menyebut nama negara tetangganya, India.

Notam itu menyatakan bahwa "mengingat zona berbahaya yang dinyatakan oleh otoritas India karena adanya aktivitas udara, maka wilayah udara Colombo sesuai koordinat dinyatakan sebagai area berbahaya untuk sementara".

Ditampilkan juga koordinat yang dimaksud disertai petanya yang menunjukkan lokasi berbahaya ada di sekitar Teluk Benggala.

Uji Coba Rudal India

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru