Bak Durian Runtuh, Jutaan Kerang Bokor Muncul di Pemalang

- Senin, 26 Desember 2022 09:00 WIB
Bak Durian Runtuh, Jutaan Kerang Bokor Muncul di Pemalang
Istimewa
Masyarakat mengambil kerang bokor yang muncul ke permukaan di pesisir Pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Pemalang, Minggu (25/12/2022).
bulat.co.id -Masyarakat pesisir Pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Pemalang, berbondong-bondong pergi ke pantai berebut panen Kerang Bokor atau Kerang Engsol, atau yang juga disebut Kerang Darat, Minggu (25/12/2022).

Jutaan Kerang Engsol ini terhempas ombak besar yang diperkirakan akibat lumpur dari permukaan bawah laut terangkat, menjadikan kerang yang berada di dasar laut ikut terbawa ombak ke tepian pantai.

Fenomena alam yang tak sering terjadi ini menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan di pesisir pantai Pemalang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), ketika perahunya tidak bisa berlayar karena perubahan iklim atau ombak besar, maka alternatif mencari kerang di tepi pantai pun menjadi pilihan bagi mereka.

Baca Juga:Usia 28 Tahun, Wajah Wanita Ini Terlihat Seperti Nenek-nenek

Masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan tersebut, akan memasak kerang itu sebagai lauk pauk, dan ada juga yang menjualnya.

Menurut Mualif (45), warga setempat menuturkan, kejadian jutaan kerang terhempas terjadi setiap musim ombak sudah tidak asing bagi orang pesisir.

"Biasanya terjadi tiap musim ombak besar," kata Mualif, dilansir dari Okezone.

"Setiap musim baratan atau rendeng, dimana nelayan tidak bisa melaut dikarenakan ombak dan angin yang kencang, jadi untuk kerang yang dari dasar laut pada muncul karena kena ombak," imbuhnya.

Saking banyaknya kerang yang terhempas ke tepi pantai, warga sampai ada yang dapat dua bahkan tiga karung lebih.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru