Ini 5 Tips Tuk Jadi Mahasiswa Pascasarjana Tangguh Menurut Pakar Psikologi Unpad

Redaksi - Sabtu, 24 Februari 2024 09:45 WIB
Ini 5 Tips Tuk Jadi Mahasiswa Pascasarjana Tangguh Menurut Pakar Psikologi Unpad
Ilustrasi
bulat.co.id - MEDAN | Pendidikan pascasarjana mempunyai beban kuliah yang lebih berat dibandingkan sarjana. Pasalnya, di jenjang studi ini mahasiswa akan lebih sering melakukan riset atau penelitian.Tak sedikit juga mahasiswa pascasarjana merupakan pekerja, pengusaha, atau orang yang telah berkarier di bidangnya. Oleh karena itu, mahasiswa memerlukan manajemen waktu yang baik untuk bisa menyelesaikan studi secara tepat waktu.

Advertisement
Menurut Dosen Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran Hari Setyowibowo PhD, ketangguhan mahasiswa pascasarjana bisa dikembangkan dengan cara mengingat kembali perjuangan yang telah dilakukan.

Baca Juga:
"Kita perlu terus-menerus mengembangkan ketangguhan karena kita selalu berharap semua berjalan dengan lancar," kata Hari, dikutip dari laman Unpad, Sabtu (24/2/24).

Menurut Hari, ada lima hal lainnya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan ketangguhan seseorang menjalani kuliah pascasarjana. Apa saja? Berikut di antaranya:

1. Mengelola Impian

Hari mengatakan, mempunyai impian dapat menjadi dasar dalam mempertimbangkan beberapa hal. Tak cuma sekadar impian, mahasiswa pascasarjana perlu membuat impian tersebut sebagai target yang terukur.

"Kalau Anda hanya taruh impian itu dan tidak membuat target-target yang terukur, maka impian itu hanya akan jadi impian dan tidak mampu menggerakkan Anda ke dalam langkah-langkah yang konkret," ujar Hari.

2. Mengasah Kecakapan

Mengasah kecakapan bisa didasari lewat perjalanan studi. Hari mengingatkan mahasiswa pascasarjana untuk tidak malu terus belajar layaknya mahasiswa sarjana yang semangatnya masih menggebu.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru