Indeks Pembangunan Manusia di Kota Langsa Jadi Peringkat Kedua Tertinggi se-Aceh

Rahman - Senin, 29 Januari 2024 12:00 WIB
Indeks Pembangunan Manusia di Kota Langsa Jadi Peringkat Kedua Tertinggi se-Aceh
Istimewa
bulat.co.id - LANGSA | Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kota Langsa jadi peringkat tertinggi kedua tingkat Kabupaten/Kota Se-Aceh di Tahun 2023. Posisi ini tepat berada dibawah posisi Kota Banda Aceh sebagai peringkat pertama.Seperti yang disampaikan Pj. Walikota Langsa Syaridin pada Minggu (28/1) lalu, bahwa Kota Langsa berhasil menempati posisi kedua sebagai kabupaten/kota yang punya IPM tertinggi se-Aceh 2023 dengan nilai 80,50.

Advertisement
"Hasil ini menunjukkan nilai IPM Kota Langsa lebih tinggi dari nilai IPM Provinsi Aceh yang sebesar 74,70 dan juga lebih tinggi dari nilai IPM Nasional yang mencapai 74,39," jelas Syaridin di Pendopo Walikota Langsa.

Baca Juga:
Peningkatan IPM Kota Langsa tahun 2023 terjadi pada semua dimensi, baik umur panjang dan hidup sehat, pengetahuan, maupun standar hidup yang layak. Untuk mengukur dimensi kesehatan (umur panjang dan hidup sehat), digunakan angka umur harapan hidup, selanjutnya untuk mengukur dimensi pengetahuan digunakan gabungan indikator harapan lama sekolah dan rata-rata lama sekolah.

Adapun untuk mengukur dimensi hidup layak digunakan indikator kemampuan daya beli (Purchasing Power Parity) yaitu kemampuan daya beli masyarakat terhadap sejumlah kebutuhan pokok yang dilihat dari rata-rata besarnya pengeluaran per kapita sebagai pendekatan pendapatan yang mewakili capaian pembangunan untuk hidup layak.

"Pemerintah Kota Langsa bersama-sama para stakeholder akan terus berupaya meningkatkan kinerja pembangunan khususnya yang berkaitan dengan peningkatan nilai-nilai seluruh dimensi-dimensi yang berhubungan pencapaian nilai IPM," tegas Syaridin.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru