Ini Air di Madiun Yang Dipercaya Buat Awet Muda dan Sembuhkan Penyakit

Andy Liany - Kamis, 06 Juli 2023 16:30 WIB
Ini Air di Madiun Yang Dipercaya Buat Awet Muda dan Sembuhkan Penyakit
Pengambilan air Sendang Gayam oleh Wali Kota Madiun (Foto: Sugeng Rianto)

bulat.co.id -MADIUN | Kota Madiun, Jawa Timur memiliki air keramat yang dipercaya dapat membuat awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Advertisement

Ialah air Sendang Gayam, yang dikeramatkan merupakan tempat mandi orang sakti pada zaman kerajaan. Air di Sendang Gayam dipercaya bisa membikin awet muda dan menyembuhkan berbagai penyakit.

Baca Juga:

Karena keramat dan mujarab, banyak masyarat yang datang ke lokasi untuk mengambil air tersebut. Para pengunjung berharap setelah menggunakan air Sendang Gayam tersebut dapat menyembuhkan penyakit yang sedang mereka derita.

Baca Juga :Rumah Terbakar di Malang, Satu Orang Tewas

"Ini saya ambil air buat minum di rumah dan untuk obat gatal," ujar Jumadi (50), salah satu pengunjung asal Nglanes Madiun, Kamis (6/7/23).

Jumadi mengaku setiap lewat selalu mampir membawa botol dan di isi air Sendang Gayam. Hal ini dilakukan untuk mengobati penyakit dan hal lainnya. "Kalau lewat sini, saya selalu mampir untuk sekedar mengambil air Sendang Gayam. Terkadang bawa botol kadang bawa galon," ujar Jumadi.

Wali Kota Madiun H. Maidi juga meyakini sumber air yang di Jalan Sendang, Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Kota Madiun itu dipercaya mengandung mitos. Yakni selain buat tempat mandi orang sakti, airnya juga dipercaya bisa membuat awet muda dan menyembuhkan penyakit.

Baca Juga :Joki Tes Bahasa Inggris Sindikat Internasional Diamankan
"Dulu tempat itu diyakini untuk mandi orang-orang Sakti di Madiun. Bisa membuat awet muda juga," ujar Waki Kota Madiun H. Maidi beberapa waktu.


Atas kepercayaan masyarakat tersebut, pengelola air Sendang Gayam tidak melarang pengunjung membawa air untuk sekadar oleh-oleh dan hal lainnya. "Bebas mau mandi di tempat, tempat sudah bersih. Mau bawa pakai botol juga boleh buat diminum," papar Maidi.

Kepala Kelurahan Kartoharjo, Juniati mengungkapkan bahwa ada kisah cerita kesembuhan penyakit setelah mandi air Sendang Gayam. Yakni istri Bupati Ronggo yang bisa sembuh dari gatal-gatal di seluruh tubuhnya setelah mandi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru