Mobil Listrik Buatan China ‘Banjiri’ Dunia, Eropa Ketar-ketir

- Sabtu, 16 September 2023 09:00 WIB
Mobil Listrik Buatan China ‘Banjiri’ Dunia, Eropa Ketar-ketir
Internet
Ilustrasi : China membanjiri dunia dengan mobil listrik buatannya.

bulat.co.id -JAKARTA | China membanjiri dunia dengan mobil listrik buatannya. Banyak produsen China yang diketahui mengekspor mobil listrik ke mancanegara dan ditawarkan dengan harga miring. Di Negeri Tirai Bambu, mencari mobil listrik dengan harga ramah kantong pilihannya cukup banyak.

Advertisement


Baca Juga:

Bukan rahasia lagi mobil listrik buatan China harganya lebih murah dari yang ditawarkan pabrikan lain. Modal Rp 100 jutaan pun sudah bisa dapat mobil listrik China.

Baca Juga :Pemerintah Distribusikan 210 Ribu Ton Bantuan Beras

Misalnya Bestune Xiaoma yang dijual seharga Rp 60 jutaan. Ada juga merek ternama Geely yang baru-baru ini menawarkan mobil SUV seharga Rp 100 jutaan dan masih banyak model lainnya.

Murahnya mobil listrik di China ini jelas membuat persaingan antara produsen kendaraan tanpa asap itu makin ketat. Bahkan produsen mobil listrik ternama asal AS, Tesla, rela memangkas harga mobilnya terkait ketatnya persaingan di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sebagai contoh di China, Tesla membanderol mobil listrik model Y Long Range dengan harga 299.000 yuan atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 641 jutaan. Harga itu turun 14.000 yuan dari sebelumnya.

Contoh lainnya adalah model Wuling Air ev. Di negara asalnya, Air ev ditawarkan dengan harga mulai 67.800 yuan yang setara dengan Rp 143 jutaan. Sementara di Indonesia, sekalipun sudah mendapat subsidi harganya paling murah di kisaran Rp 180 jutaan.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru