Gunung Marapi Sumbar Punya Hubungan dengan Gunung Fuji Jepang, Bagaimana Dampak Erupsi Kemarin?

Andy Liany - Rabu, 06 Desember 2023 13:10 WIB
Gunung Marapi Sumbar Punya Hubungan dengan Gunung Fuji Jepang, Bagaimana Dampak Erupsi Kemarin?
erupsi Marapi

bulat.co.id - Erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, telah memicu pembahasan mengenai dampaknya terhadap aktivitas Gunung Fuji di Jepang.

Advertisement

Dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @indonesiajapancouple, disebutkan bahwa Gunung Marapi dan Gunung Fuji saling berkaitan.

Baca Juga:

"Gunung Marapi di Sumatera Barat erupsi besar-besaran, Fuji San Jepang jangan sampai tau," tulis pengunggah, Senin (4/12/2023).

Pada kolom komentar, disebutkan bahwa kedua gunung berapi tersebut termasuk ke dalam Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik, daerah pertemuan lempeng tektonik yang menjadikan wilayah tersebut kerap mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Ring of Fire membentang sepanjang 40.000 kilometer di Samudra Pasifik, dengan rantai busur pulai, seperti Tonga, Indonesia, Filipina, Kepang, Aleutians, dan busur lain.

Lantas, benarkah erupsi Gunung Marapi berdampak pada aktivitas Gunung Fuji?

Koordinator Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Ahmad Basuki membenarkan bahwa Gunung Marapi dan Gunung Fuji memang berada dalam satu Ring of Fire.

"Memang keduanya berada dalam satu Ring of Fire," jelas Ahmad, Selasa (5/12/2023).

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru