Gawat! Virus di iPhone Ini Bisa Bobol Rekening Pengguna dengan Tools Berbasis AI

Andy Liany - Kamis, 22 Februari 2024 14:56 WIB
Gawat! Virus di iPhone Ini Bisa Bobol Rekening Pengguna dengan Tools Berbasis AI
net
Apple.
bulat.co.id - Sebuah virus yang menargetkan pengguna iPhone berhasil lolos dari pengawasan ketat Apple.Trojan GoldDigger dapat menguras rekening calon korbannya.

Advertisement
Melansir laman 9to5Mac, Rabu (21/2/2024), laporan perusahaan keamanan siber Group-IB menyebutkan trojan itu akan mencuri data sensitif para pengguna iOS.

Baca Juga:
Mulai dari data pengenalan wajah, dokumen data pribadi dan SMS.

Dengan data itu peretas mencoba membobol rekening korbannya. Yakni dengan menggunakan tools berbasis AI untuk membuat deepfake.

TestFlight Apple, platform untuk peluncuran aplikasi versi beta tanpa peninjauan App Store, disebut jadi tempat distribusi Trojan.

Namun setelah perusahaan menghapus, para pelaku menggunakan profil Mobile Device Management (MDM).

Profil digunakan untuk korban dapat memasang aplikasi dari luar App Store. Dengan cara itu, para pelaku dapat mengumpulkan data yang diperlukan untuk menjebol perangkat para korbannya.

Menurut perusahaan, GoldDigger jadi trojan pertama yang dibuat untuk iOS. Sebelumnya virus tersebut ditemukan untuk perangkat Android.

Sejauh ini baru dua negara yang disebut jadi target trojan yakni Vietnam dan Thailand. Namun tak menutup kemungkinan masyarakat di negara lain juga bisa menjadi korban.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru