Peroleh Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Diet

- Senin, 03 Oktober 2022 02:54 WIB
Peroleh Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Diet
Peroleh Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Diet (Foto: Steemit)

bulat.co.id - Tahu kah kalian, manfaat minum air putih sebelum tidur untuk diet banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Kandungan air dalam tubuh manusia rata-rata berjumlah 60-70 persen dari berat tubuh. Hampir seluruh organ tubuh membutuhkan air. Organ yang paling banyak kandungan airnya mencapai 80-90 persen adalah otak.

Advertisement

Orang dewasa disarankan minimal minum air putih 8 gelas atau 2 liter perhari untuk penuhi kebutuhan air tubuh kita. Jika kekurangan air maka tubuh kita akan mengalami dehidrasi hingga permasalahan kesehatan lainnya. Sejumlah ahli kesehatan menyarankan minum air putih hangat sebelum tidur karena banyak manfaatnya.

Baca Juga:

Berikut sejumlah manfaat minum air putih sebelum tidur.

1. Alihkan rasa lapar

Manfaat minum air putih sebelum tidur untuk diet, karena dapat menunda rasa lapar dimalam hari menjelang tidur. Kalian akan terhindar dari hasrat ingin makan makanan tinggi kalori dimalam hari. Selain itu, manfaat minum air putih hangat sebelum tidur malam juga bisa menurunkan berat badan karena makanan dalam tubuh akan dicerna lebih cepat.

Disarankan, minumlah satu hingga dua gelas air putih menjelang mau tidur di malam hari.

2. Jaga Kelembapan Kulit

Selain untuk diet, ternyata Air putih sangat bermanfaat untuk kecantikan, khususnya kulit kita. Air penting untuk memberikan nutrisi penting pada sel-sel kulit dan melengkapi kebutuhan jaringan kulit. Kebiasaan meminum air, salah satunya sebelum tidur, bisa menunda munculnya tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

3. Jaga tubuh terhidrasi dengan baik 

Manfaat minum air putih panas, namun cenderung hangat sebelum tidur tentu saja akan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi. Hal ini akan membantu kamu terhindar dari rasa haus di malam hari yang memicu untuk bangun. Tidak hanya sebelum tidur, manfaat minum air putih setelah bangun tidur juga bisa menggantikan cairan tubuh yang hilang saat tidur.

4. Lancarkan sirkulasi darah sehingga mencegah penyakit kardiovaskular

Manfaat minum air putih hangat sebelum tidur juga mampu memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Dilansir dari SehatQ, sirkulasi darah yang meningkat signifikan ke struktur otot bisa meningkatkan oksigen ke jaringan tubuh. Ketika sirkulasi darah lancar, maka organ tubuh pun akan bekerja dengan baik. Dengan begitu, tubuh akan terhindar dari berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, atau penyakit kardiovaskular lainnya.

5. Lancarkan pencernaan

Siapa yang mengalami masalah susah buang air besar? Kamu bisa menggunakan cara alami dengan meminum air putih hangat sebelum tidur. Dilansir dari Halodoc, air putih hangat mampu melancarkan pencernaan karena bisa membantu melarutkan dan memecah partikel makanan. Oleh karena itu, pergerakan usus pun menjadi lancar dan masalah sembelit pun akan teratasi.

6. Sering sakit kepala setelah bangun tidur? Bisa jadi kamu kekurangan cairan. Solusinya, biasakan konsumsi air putih sebelum tidur

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala ialah kurangnya cairan tubuh. Jika kita tidak meminum air putih sebelum tidur, keesokan harinya kita akan terbangun dalam kondisi haus. Kurangnya cairan itu bisa membuat kepala terasa sakit. Maka dari itu, untuk mencegah sakit kepala di pagi hari, kita bisa membiasakan minum air putih saat sebelum dan bangun tidur. Manfaat minum air putih sebelum tidur dan bangun tidur akan terasa saat kita terbiasa melakukannya.

7. Sering lelah berkepanjangan? Mungkin kamu perlu membiasakan minum air putih sebelum tidur untuk memperbaiki suasana hatimu

Setelah beraktivitas harian, tubuh dan pikiran terkadang kekurangan asupan cairan sehingga berpengaruh pada suasana hati yang buruk. Untuk itu, agar suasana hati menjadi lebih baik, kamu bisa meminum air hangat sebelum tidur. Minum air hangat bisa memperbaiki mood dan meredakan stres, sehingga tidurmu akan lebih nyenyak.

Ternyata banyak sekali manfaat minum air putih sebelum tidur. Tapi perlu kamu perhatikan, hindari meminum air putih terlalu dekat dengan waktu tidur supaya tidak mengganggu tidurmu. 

(red)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru