Ingin Tampil Awet Muda, Hindari 3 Kebiasaan Buruk Berikut

- Minggu, 20 November 2022 20:52 WIB
Ingin Tampil Awet Muda, Hindari 3 Kebiasaan Buruk Berikut
Ilustrasi penuaan dini - (Foto: Istimewa)

bulat.co.id - Sebagai kaula muda, sudah seharusnya jika kita menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara teratur agar tidak cepat kelihatan tua. 

Advertisement

Proses penuaan pasti terjadi bagi semua orang, karena setiap tahunnya umur kita terus bertambah. Penuaan juga semakin cepat terjadi dengan pola hidup buruk dan paparan radikal bebas. Beberapa orang terlahir memiliki tubuh yang awet muda secara alami, namun tidak semua orang seberuntung itu. 

Baca Juga:

Dilansir dari Health.com, Ini beberapa gaya hidup dan kebiasaan buruk yang tampak sederhana tapi ternyata menjadi penyebab tubuh gampang terlihat tua dan mengalami penuaan. 

1. Kurang Tidur 

Saat kamu memiliki karir yang cemerlang atau banting tulang untuk ekonomi keluarga, memang seringkali sangat susah memiliki waktu istirahat yang normal dan cukup, apalagi ini akan menjadi kebiasaan hingga usia paruh baya. 

Kebiasaan kurang tidur akan sangat buruk untuk tubuh, mulai dari menghambat metabolisme, mengganggu regenerasi sel-sel tubuh, memicu stres berlebih, membuat tubuh gemuk hingga menurunkan konsentrasi. 

Akibatnya, tubuh mengalami penuaan lebih cepat, seperti misalnya timbul kantung mata, kulit kusam, keriput, rambut mulai beruban lain sebagainya.

2. Jarang Olahraga 

Pekerjaan di kantor yang menumpuk serta berbagai macam kegiatan yang menguras waktu pasti akan membuat tubuh lelah. Hal ini kemudian menjadikan kita lelah dan secara otomatis malas olahraga. 

Kebiasaan inilah yang justru buruk untuk tubuh. Ketika kita jarang olahraga, sebenarnya tubuh justru menurunkan kebugarannya tanpa kamu sadari. Apalagi saat usia semakin bertambah, massa otot tubuh semakin berkurang sehingga kulit kendur dan tidak fit. Jika tidak dibiasakan olahraga, bukan hanya cepat sakit-sakitan tapi juga sendi semakin tidak kooperatif untuk digerakkan karena sudah terbiasa malas. 

Jika tidak dilatih dengan baik dengan rajin olahraga, jangan heran jika cepat menua.

3. Terlalu Sering Duduk

Salah satu gaya hidup yang paling sering mengancam tubuh mengalami penuaan dini adalah duduk terlalu lama. Kebiasaan ini terbentuk bagi kebanyakan pekerja kantoran. 

Duduk terlalu lama mungkin sekilas tidak terlihat berbahaya tapi sebenarnya karena tidak banyak menggerakkan tubuh, maka perlahan kesehatan tubuh akan menurun. Duduk lama mengurangi aktivitas otot, khususnya otot besar pada kaki dan punggung, efek jangka panjangnya akan mengganggu kemampuan tubuh dalam mengatur gula darah dan mengganggu fungsi peredaran darah sehingga tubuh rentan mengalami berbagai penyakit seperti diabetes hingga penyakit jantung.

(Red)

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru