Once Sebut Jadi Vokalis Dewa Nggak Mudah

- Rabu, 05 April 2023 12:00 WIB
Once Sebut Jadi Vokalis Dewa Nggak Mudah
Istimewa
Once
bulat.co.id -.Once Mekel mengaku bisa memahami penilaian Ahmad Dhani yang menyebut bayarannya mahal sehingga tak dilibatkan dalam tur Dewa 19 berikutnya. Namun Once punya pertimbangannya sendiri.
Saat ditemui di kawasan Lebak Bulus Jakarta, Jumat (31/3), Once menyebut dirinya jarang bisa bermain dengan Dewa 19, tapi ia menolak disebut bayaran dirinya bernyanyi disebut "mahal".

"Saya tidak selalu bisa main dengan Dewa, saya agak enggan karena Dewa kan selalu punya tiga vokalis lain dan saya punya karir solo untuk saya jalani," kata Once merujuk tiga vokalis Dewa 19 hingga kini: Virzha, Ello, dan Ari Lasso.

Baca Juga:Formasi Lengkap 4 Vokalis Dewa 19 Menggemparkan Kota Medan

"Sesimpel itu. Bukan artinya mahal [harga bayaran] atau bagaimana," lanjut Once. "Menurut saya [ucapan Ahmad Dhani] wajar-wajar saja," lanjutnya lagi, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

"Artinya ya ini kan pilihan kita, kita mau terus ada dalam show Dewa atau enggak. Apalagi saya bukan lagi member dari Dewa 19. Saya pikir harusnya itu ada kebebasan, kadang-kadang main kadang-kadang enggak," lanjut dia.


Once bergabung dengan Dewa 19 pada 2000 dan memutuskan hengkang pada 2011. Ia lalu mengembangkan kariernya sebagai solois dengan merilis sejumlah album solo, di antaranya Once (2012), Intrinsik (2015), dan Sigma (2023).

Di sisi lain, Once menyebut menjadi vokalis Dewa 19 tidaklah mudah. Dia merasa punya beban moral yang besar setiap akan tampil dengan Dewa 19 yang terbilang band legendaris dan punya banyak fans.

"Terus terang saja, main sama audiens besar itu enggak mudah, Anda harus latihan yang benar, sebagai vokalis harus punya konsistensi, jadi bukan sesuatu hal yang mudah menjadi vokalis. Apalagi band besar seperti Dewa 19. Dewa selalu banyak audiensnya," papar Once.

"Saya curhat sedikit. Jadi vokalis di band Dewa itu enggak mudah. Dewa itu band rock dengan nada-nada yang sedikit pop. Makanya cewek suka, cowok suka. Cewek suka melodinya, cowok suka energinya," kata Once.

"Anda menjadi vokalis di band seperti itu, Anda harus bisa bernyanyi lagu pop dan rock. Harus bisa bernyanyi dengan energi keras, tapi dengan cara lembut. Itu kan susah. Kita bernyanyi lagu pop saja, atau enggak, rock saja sekalian," lanjutnya.

Selain itu, tantangan yang ia rasakan bila menjalani tur adalah soal fisik. Dirinya harus betul menjaga performa untuk bisa membawakan lagu Dewa yang penuh tantangan itu di tengah jadwal tur yang pasti padat.

Ahmad Dhani sebelumnya mengatakan kepada CNNIndonesia.com soal masa depan Dewa 19. Pada September 2021, Dhani menyebut Dewa 19 akan menjadi band nostalgia lantaran sudah melewati masa jaya dan kini masuk masa menikmati karya.

"Tanpa karya baru pun, Dewa 19 tetap mendapat job manggung, karena penonton maunya dengar lagu yang tahun 90-an, tahun 2000-an," kata Dhani kala itu.

Ahmad Dhani sebelumnya mengeluarkan larangan kepada Once. Ia dengan tegas melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19. Larangan itu jadi puncak perselisihan keduanya selama beberapa bulan terakhir, terutama usai konser di JIS awal Februari 2023.

"Saya mengumumkan bahwa saya melarang spesifik, saya melarang Once untuk menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 sejak saya ucapkan di media hari ini," kata Ahmad Dhani di Pluit dan diunggah ke YouTube pada Selasa (28/3).

Tidak hanya sembarang lagu, tapi Dhani melarang Once membawakan lagu-lagu yang ia ciptakan untuk Dewa 19. Sedangkan, Dhani tetap memperbolehkan Once untuk menyanyikan lagu-lagunya dari solois dan bandnya yang lain.

"Karena Dewa saat ini sedang melakukan tur, setelah lebaran itu setiap minggu dua kali. Tur bersama Dewa 19. Jadi tidak boleh ada konser-konser lain yang mengganggu yang menggunakan lagu-lagu Dewa," ujar musisi 50 tahun itu.

"Saya menjaga muruah Dewa, juga menjaga kemurnian dari konser-konser Dewa yang kami adakan setelah lebaran seminggu dua kali," tambahnya.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru