Desa Keris di Sumenep Peroleh Apresiasi Gubernur Jatim

Habibi - Senin, 10 April 2023 15:15 WIB
Desa Keris di Sumenep Peroleh Apresiasi Gubernur Jatim
Istimewa
Salah satu empu pembuat keris di Desa Aeng Tongtong.

bulat.co.id - Desa Aengtongtong adalah salah satu diantara beberapa wilayah penghasil dan pembuat keris yang terdapat di Pulau Madura. Secara geografis Desa Aeng Tongtong termasuk wilayah dataran tinggi dan sebagian besar dataran rendah yakni berupa pegunungan dan perbukitan.

Advertisement

Baca Juga:

Desa Aeng Tongtong terletak diantara empat desa yang masih termasuk Kabupaten Sumenep. Kondisi alam yang terdapat di Desa Aeng Tongtong bisa dibilang sangat beragam karena terdiri dari banyak sumber daya alam (SDA) diantaranya sawah, ladang tembakau, ladang padi, kebun kelapa, perbukitan dan lain-lain.

Baca Juga: Wisata Sikasur Pemalang Masuk 300 Besar ADWI">Desa Wisata Sikasur Pemalang Masuk 300 Besar ADWI

Aktifitas pembuatan keris di Desa Aeng Tongtong tentunya tidak lepas dari peninggalan para leluhur yang dulunya juga seorang empu pembuat keris. Sehingga sampai hari ini, Senin (10/4/2023), aktifitas pembuatan keris di Desa Aeng Tongtong tetap berlangsung dan sudah menjadi penghasilan atau mata pencaharian sebagian besar masyarakat di samping bercocok tanam dan lain-lain.

Desa Aeng Tongtong juga mendapatkan apresiasi prestasi dari Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang mengatakan bahwa desa tersebut sangatlah membanggakan.

"Bangga bercampur bahagia mendapat kabar Desa Aeng Tongtong, Sumenep berhasil menyabet Juara 1 Kategori Daya Tarik Pengunjung pada Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022," kata Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur beberapa hari lalu.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru