Apple Sebut Gunakan Sensor Sangat Besar Untuk Kamera iPhone 15 Ultra

- Selasa, 25 April 2023 12:00 WIB
Apple Sebut Gunakan Sensor Sangat Besar Untuk Kamera iPhone 15 Ultra
Istimewa

bulat.co.id - Apple diketahui akan menggunakan sensor yang sangat besar untuk kamera utama iPhone 15 Ultra, yaitu sensor Sony berukuran hampir 1 inch.

Advertisement

Rumor ini berasal dari Ice Universe, yang seringkali punya bocoran akurat. Sensor yang dipakai itu bertipe IMX903, penerus IMX803 yang dipakai di iPhone 14 Pro Max dengan resolusi 48 MP.

Baca Juga:

Dialnsir dari detikTekno, Selasa (25/4/2023), perbedaan utama antara kedua sensor itu menurut Ice Universe adalah ukurannya. IMX803 berukuran 1/1,28 inch sementara IMX903 berukuran 1/1,14 inch, nyaris 1 inch, yang jadi ukuran sensor terbesar untuk HP saat ini, misalnya Xiaomi 13 Ultra yang baru dirilis.

Baca Juga: 5 Bulan Rilis, Phone 14 Turun Harga

Semakin besar sensor, secara teoritis, maka gambar yang dihasilkan pun akan semakin bagus, karena dengan penampang yang lebih besar, maka jumlah cahaya yang bisa ditangkap pun akan lebih banyak.

Memang, 1/1,14 inch masih lebih kecil dibanding sensor 1 inch. Namun menurut Ice Universe, kualitas gambar yang dihasilkan sensor ini akan hampir sama bagusnya, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Senin (24/4/2023).

Ditambah lagi IMX903 ini sebenarnya adalah sensor 1 inch, namun mungkin tak semua permukaannya bisa dipakai. Kemungkinan terganjal ukuran lensa, karena semakin besar sensor, maka diameter dan panjang lensanya pun akan semakin besar.

IMX903 berdasarkan rumor November lalu disebut bisa menghasilkan level sinyal saturasi dua kali lipat lebih banyak, yang artinya bakal mengurangi noise dan meningkatkan dynamic range.

Sensor 1 inch ini sebelumnya hanya ada di kamera saku kelas premium, atau juga kamera mirrorless yang berukuran mini, yaitu Nikon seri 1. Jika sensor sebesar ini digabungkan dengan fotografi komputasional ala HP, foto yang dihasilkan semestinya akan sangat memukau.

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru