Polda NTB Gagalkan Penyelundupan Daging Penyu Hijau yang Dilindungi, Tiga Pelaku Diringkus

Sugiatmo - Selasa, 01 Agustus 2023 16:15 WIB
Polda NTB Gagalkan Penyelundupan Daging Penyu Hijau yang Dilindungi, Tiga Pelaku Diringkus
Direktorat Polairud Polda NTB menggagalkan penyelundupan sepuluh boks daging penyu hijau senilai sekitar Rp 40 juta asal NTB yang akan dikirim ke Bali, Selasa, 1 Agustus 2023. (M. Awaludin)
bulat.co.id -MATARAM | Direktorat Polairud Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) gagalkan penyelundupan sepuluh boks daging penyu hijau senilai sekitar Rp 40 juta asal NTB yang akan dikirim ke Bali untuk dikonsumsi.

Advertisement

Dari penggrebekan ini, polisi menangkap tiga orang tersangka asal Sumbawa, Nusa Tenggara Barat, Selasa (1/8/23).

Baca Juga:

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Arman Asmara Syarifuddin mengatakan, tiga pelaku penyelundupan tersebut masing-masing pemilik barang berinisial S (65), sopir mobil pick up, IGR (45) dan sopir truk IGS (35).

Baca Juga :Dikawal Provos, Panji Gumilang Tiba di Bareskrim Polri

Mereka dibekuk setelah pihak kepolisian mendapatkan laporan dari warga atas maraknya aksi penyelundupan satwa dilindungi ke luar pulau NTB.

"Ini ada tiga laporan polisi mulai tanggal 25 Juli hingga tanggal 27 Juli dan ada sembilan barang bukti yang disita berupa daging penyu hijau serta truk dan pikap," ungkap Arman Asmara.

Untuk mengelabui petugas, ke tiga pelaku menyembunyikan daging 14 ekor penyu hijau yang sudah dipotong dalam sepuluh boks. Boks tersebut kemudian ditumpuk di bawah muatan lain yakni bahan komoditi yang rencana akan dikirim ke pulau Bali melalui Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur.

Baca Juga :Sat Narkoba Polres Labuhanbatu Penjarakan Pengedar Narkoba, 29,56 Gram Sabu Jadi Barang Bukti

"Daging penyu hijau dikemas dalam boks sterofom di mana tiap boks berisi kurang lebih 30 kg daging penyu hijau. Kami telah memeriksa lima orang saksi dan tiga orang tersangka," ujar Arman Asmara.

Akibat perbuatannya, para pelaku terancam hukuman lima tahun penjara dan denda Rp 100 juta karena mengancam kepunahan ekosistem penyu hijau.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru