Raja Mswati III Berencana Impor Produk Kosmetik Dari Indonesia

- Rabu, 24 Agustus 2022 14:03 WIB
Raja Mswati III Berencana Impor Produk Kosmetik Dari Indonesia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, di Istana Merdeka, Rabu (24/8/2022). (Berita Satu)

bulat.co.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan Raja Eswatini, Raja Mswati III, di Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (24/8/2022). Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin membahas upaya peningkatan kerja sama ekonomi melalui impor produk-produk kosmetik dari Indonesia.

Advertisement

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan kunjungan Raja Eswatini merupakan gabungan dari kunjungan dalam rangka wisata, liburan, sekaligus bertemu dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga:

"Kunjungan ini sebenarnya gabungan antara kunjungan dalam rangka wisata, holiday, tetapi juga digunakan Raja Eswatini untuk melakukan pertemuan dengan Bapak Presiden Jokowi dan membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama antara kedua negara, khususnya di bidang ekonomi," kata Retno Marsudi yang turut mendampingi Presiden selama pertemuan.

Retno menjelaskan satu hal yang sudah ada kemajuan dari pertemuan terakhir kedua pemimpin pada 2019 adalah adanya perusahaan Indonesia di bidang wellness spa di Eswatini. Hal tersebut merupakan pembuka awal dari berbagai kerja sama lainnya.

"Pertemuan tadi, Raja Eswatini mengatakan rencananya Eswatini akan mengimpor kosmetik-kosmetik produk Indonesia,” ujar Retno Marsudi, seperti yang dikutip dari Berita Satu.

Selain itu, Jokowi juga berbicara mengenai kolaborasi swasta dan BUMN kedua negara lebih ditingkatkan. Menurut rencana, kedua negara akan menandatangani kerja sama penguatan hubungan bilateral, terutama di bidang ekonomi.

"Kami dua menteri luar negeri ditugaskan untuk melakukan mempersiapkan dokumen tersebut,” terang Retno Marsudi.

Meski pembicaraan kedua pemimpin negara berlangsung singkat, pembahasan lainnya fokus pada upaya peningkatan kerja sama di bidang infrastruktur, energi, pariwisata, dan aspek kesehatan.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara Raja Mswati III didampingi oleh Menteri Luar Negeri Eswatini Thulisile Dladla.

Untuk diketahui, kunjungan Raja Mswati III ke Indonesia ini bukan kunjungan yang pertama kalinya. Sebelumnya Raja Mswati III pernah mengunjungi Indonesia pada tahun 2002, 2003, 2007, 2008, 2015, dan 2019.

Eswatini dahulu bernama Kerajaan Swaziland, sebuah negara kecil di selatan Afrika yang tidak memiliki pantai dan terletak di antara Afrika Selatan di sebelah barat dan Mozambik di timur. (Red)

Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru