Korsel Buka Lowongan PRT Asing, Gajinya Capai Rp 52 Juta Per Bulan

Redaksi - Jumat, 01 September 2023 17:45 WIB
Korsel Buka Lowongan PRT Asing, Gajinya Capai Rp 52 Juta Per Bulan
Internet
Ilustrasi

bulat.co.id -SEOUL | Korea Selatan (Korsel) telah menyetujui rencana Kota Seoul untuk mengizinkan 100 pekerja rumah tangga (PRT) asing masuk ke negara tersebut, Jumat (1/9/23).

Advertisement

Ibu Kota Seoul jadi proyek percontohan pertama, yang bertujuan untuk bisa meningkatkan angka kelahiran masyarakatnya, dan membantu lebih banyak perempuan kembali bekerja.

Baca Juga:

Pemerintah Korea Selatan memperkirakan, harga pasaran saat ini untuk pekerja rumah tangga penuh waktu yang tinggal bersama keluarga angkat adalah sekitar 3,5 juta won (atau sekitar Rp 39 juta) hingga 4,5 juta won (Rp 52 juta) per bulan.

Baca Juga :63 Orang Tewas Dalam Peristiwa Kebakaran di Afrika Selatan

Diketahui, permasalahannya penurunan tajam angka kelahiran di Korea Selatan terjadi karena populasi warganya yang banyak semakin menua, dan keengganan warga negara itu untuk menerima lebih banyak imigran.

"Pembantu rumah tangga asing dapat merevitalisasi masyarakat kita," kata Wali Kota Seoul Oh Se-hoon dalam sebuah postingan di facebook minggu lalu.

Banyak perempuan Korea menghadapi tekanan untuk tinggal di rumah dan membesarkan keluarga atau memilih untuk tidak memiliki anak sama sekali karena tingginya biaya membesarkan anak. Selain itu, pihak kementerian tenaga kerja mengatakan jumlah anak muda Korea yang tertarik pada pekerjaan rumah tangga semakin berkurang.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru