Gerhana Matahari Bakal Terjadi di 2024, Ini Negara yang Bisa Melihat Fenomenanya

Redaksi - Sabtu, 13 Januari 2024 11:00 WIB
Gerhana Matahari Bakal Terjadi di 2024, Ini Negara yang Bisa Melihat Fenomenanya
Istimewa
bulat.co.id - MEDAN | Tahun 2024 dipastikan akan memiliki fenomena gerhana matahari total yang akan terjadi di beberapa negaraGerhana matahari total ini menjadi yang pertama sejak terakhir kali muncul pada 9 Maret 2016.

Advertisement
Dikutip dari situs resmi NASA, gerhana matahari total akan terjadi pada 8 April 2024. Fenomena ini bisa disaksikan di beberapa wilayah di dunia.

Baca Juga:
Misalnya Amerika Utara, Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Setelah terjadinya fenomena ini, diperkirakan wilayah Amerika akan menyaksikan gerhana matahari total kembali pada 23 Agustus 2044.

Sayangnya, untuk gerhana matahari total 2024, Indonesia termasuk salah satu wilayah yang tak bisa menyaksikan fenomena ini.

Apa Itu Gerhana Matahari Total

Mengutip laman resmi Universitas Medan Area, gerhana matahari total merupakan fenomena saat bulan menutupi seluruh matahari. Akibatnya, siang hari akan menjadi gelap seperti malam dalam beberapa saat.

Lebih lanjut, gerhana matahari ini terjadi karena adanya pergerakan relatif antara bulan, bumi, dan matahari. Di saat gerakan relatif ini terjadi, bulan dalam di antara bumi dan matahari.

Posisi itu kemudian membuat bayangan bulan menciptakan zona penumbra dan umbra di bumi atau kondisi yang membuat sebagian atau seluruh matahari tersembunyi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru