Resmi Jadi Raja Inggris, Ini Janji Charles III

- Minggu, 11 September 2022 13:56 WIB
Resmi Jadi Raja Inggris, Ini Janji Charles III
Raja Charles III (Foto: Istimewa)

Pangeran Charles resmi diproklamasikan sebagai Raja Inggris oleh Accession Council, Sabtu (10/9/2022).

Advertisement

Hadir setelah pembacaan namanya sebagai raja oleh Accession Council, Raja Charles III menyatakan kesediaannya meneruskan kepemimpinan monarki.

"Saya siap untuk melakukannya pada kesempatan pertama ini, saya memilih kata dengan rahmat Tuhan dari Kerajaan Inggris Raya dan Irlandia Utara dan kemudian Kerajaan dan wilayah saya yang lain raja pembela iman dengan setia berjanji dan bersumpah bahwa, saya akan menjaga dan melestarikan penyelesaian agama Protestan yang benar sebagaimana ditetapkan oleh undang-undang yang dibuat di Skotlandia," ucapnya.

"Saya sangat menyadari warisan besar ini dan tanggung jawab kedaulatan yang berat, tidak lah Anda memberikan kepada saya, saya mengambil tanggung jawab ini. Saya harus berusaha untuk mengikuti contoh yang menginspirasi," paparnya.

Charles juga menyebutkan dukungan setia  dari istri tercintanya, Permaisuri Camilla hingga dirinya bersedia mengambil kesempatan. Dia pun bertekad melanjutkan tradisi dan menyerahkan warisan, pendapatan termasuk harta mahkota kepada pemerintah untuk kepentingan keseluruhan kedaulatan negaranya.

Pernyataannya ini kemudian disahkan oleh Accession Council, dan dokumen resmi diteken oleh Pangeran William dan Permaisurii Camilla sebagai saksi dari pihak keluarga kerajaan.

Turut hadir menyaksikan, Perdana Menteri Liz Truss, mantan perdana menteri Boris Johnson dan Theresa May, serta pejabat tinggi dari negara Persemakmuran. (Red)

Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru