3 Orang Tewas Dalam Bentrokan di Senegal Gegara Pilpres Ditunda

Redaksi - Senin, 12 Februari 2024 14:15 WIB
3 Orang Tewas Dalam Bentrokan di Senegal Gegara Pilpres Ditunda
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Presiden Senegal Macky Sall mengumumkan penundaan Pemilu yang seharusnya digelar bulan ini. Akibat dari itu, bentrokan pun pecah dan tiga orang dilaporkan tewas dalam insiden tersebut.Dilansir dari AFP, Senin (12/2/24), keputusan Sall untuk menunda pemilihan presiden pada 25 Februari itu sudah menjerumuskan Senegal ke dalam krisis. Kekerasan terjadi di mana-mana.

Advertisement
Terkini, seorang remaja 19 tahun "terkena proyektil di kepala dan meninggal karena luka-lukanya saat dirawat intensif" pada Sabtu (10/2/24) malam, kata sumber di rumah sakit kepada AFP.

Baca Juga:
"Ada beberapa orang yang terluka parah selama protes dan satu orang meninggal. Kepalanya terkena peluru," kata koordinator partai oposisi Pastef di Ziguinchor, Abdou Sane. Sebagian besar kota di Senegal tetap tenang pada hari Sabtu (10/2/24), tetapi demonstrasi terus berlanjut di Ziguinchor.

Penundaan pemilu itu diputuskan oleh Sall karena adanya perselisihan antara parlemen dan Dewan Konstitusi. Perselisihan tersebut mengenai calon potensial yang dilarang mencalonkan diri.

Sall ingin memulai proses "peredaan dan rekonsiliasi" dan menegaskan kembali komitmennya untuk tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga di tengah kekhawatiran internasional.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru