9 Orang Tewas - Puluhan Dilarikan ke RS Usai Makan Daging Penyu di Tanzania

Redaksi - Rabu, 13 Maret 2024 11:00 WIB
9 Orang Tewas - Puluhan Dilarikan ke RS Usai Makan Daging Penyu di Tanzania
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Sembilan orangyang terdiri delapan orang anak-anak dan satu orang dewasa dinyatakan tewas usai memakan penyu di Tanzania. kemudian, puluhan dilarikan ke rumah sakit.

Dilansir dari ABC News, Rabu (13/3/24), peristiwa mengerikan itu terjadi di Pulau Pemba di Kepulauan Zanzibar pada Jumat (8/3/24). Orang dewasa yang meninggal itu merupakan ibu dari salah satu sembilan anak yang juga tewas.

Advertisement

Daging penyu dianggap makanan lezat oleh masyarakat Zanzibar, walaupun secara berkala mengakibatkan kematian akibat chelonitoxism, sejenis keracunan makanan.

Baca Juga:

Kasus tersebut bukanlah yang pertama, sebelumnya juga ada yang tewas akibat keracunan penyu.

Petugas medis Distrik Mkoani, Haji Bakari, menuturkan daging penyu itu dikonsumsi pada Selasa (5/3/24). Hasil tes laboratorium juga mengkonfirmasi bahwa semua korban memakan daging penyu.

Pihak berwenang di Zanzibar mengirimkan tim penanggulangan bencana yang dipimpin oleh Hamza Hassan Juma. Dia mengimbau masyarakat untuk menghindari konsumsi penyu.

Pada November 2021, tujuh orang, termasuk seorang anak berusia 3 tahun, meninggal di Pemba setelah memakan daging penyu. Sementara tiga lainnya dirawat di rumah sakit.

Tentang Pulau Pemba

Walau bukan daya tarik wisata utama di Tanzania, namun Pulau Pemba mempunyai kekayaan alam yang patut dipertimbangkan para pecinta diving. Karena, mereka sangat membanggakan keindahan laut dan pantainya.

Pemba dikenal sebagai salah satu lokasi selam scuba terbaik di Afrika. Pulau ini dihuni habitat bagi berbagai makhluk laut, termasuk penyu, hiu karang, hiu martil, dan ikan buruan besar.

Bagi yang hobi mancing, pulau ini juga terkenal dengan tangkapan ikan marlin, dorado, tuna sirip kuning, dan wahoo. Kedekatan Pemba dengan Saluran Pemba berarti ada peluang besar untuk menangkap ikan buruan besar untuk dibawa pulang.

Pulau Pemba tidaklah besar, kamu bisa berkeliling pulau ini dengan bersepeda. Pulau ini hanya memiliki 1 jalan utama, jadi banyak tempat wisata yang tidak bisa dijangkau dengan kendaraan besar. Karena itulah, kegiatan bersepeda sangat populer.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru