Sisi Lain Masjidil Haram, Diterangi Lebih dari 120 Ribu Lampu dan Ribuan Pengeras Suara

Hadi Iswanto - Selasa, 02 April 2024 21:10 WIB
Sisi Lain Masjidil Haram, Diterangi Lebih dari 120 Ribu Lampu dan Ribuan Pengeras Suara
Masjidil Haram diterangi lebih dari 120.000 lampu
bulat.co.id - Masjidil Haram diterangi lebih dari 120.000 lampu di seluruh penjuru halaman, atap, menara, dan area perluasan. Masjid terbesar di dunia itu juga dilengkapi dengan ribuan mikrofon dan pengeras suara.

Kantor berita Saudi, SPA, melaporkan, Selasa (2/4/2024), mekanisme penerangan ini mencerminkan kepedulian dan perhatian otoritas terhadap Masjidil Haram.

Advertisement

Ada sekitar 6.900 lampu gantung besar dan lebih dari 500 lampu gantung, lentera, dan lampu berbagai bentuk terpasang di Masjidil Haram. Tentu saja, lampu-lampu tersebut umumnya didekorasi dengan model islami. Beberapa di antaranya diukir dengan ayat-ayat Al-Qur'an dalam garis artistik dan dekoratif yang indah.

Baca Juga:

Selain itu, Masjidil Haram memiliki lebih dari 1.000 unit lampu LED yang tersebar di seluruh lokasi. Unit-unit ini terhubung ke stasiun kontrol khusus dengan teknologi penerangan, kontrol, dan densitas terkini.

Lampu LED yang terpasang di pilar dan dinding luar ini terdiri dari lampu gantung, lentera, serta lampu hemat energi yang meningkatkan efisiensi penerangan sekaligus menghemat energi.

Lampu Seberat 280 kilogram

Lampu gantung, lentera, dan lampu lainnya tersebut memiliki desain unik yang selaras dengan gaya arsitektur Masjidil Haram. Lampu-lampu ini terbuat dari baja tahan karat berlapis emas 2 mikron. Berat tiap lampu mencapai 280 kilogram, serta dilengkapi lapisan pelindung pernis yang tahan goresan dan guncangan.

Sistem Lampu

Sistem suspensi yang digunakan untuk lampu-lampu di Masjidil Haram bertipe duplex yang dinamis, fleksibel, serta tahan terhadap arus udara dan perubahan iklim. Sistem dirancang sesuai spesifikasi teknis dan praktis terbaik guna mematuhi Kode Bangunan Saudi.

Pemeliharaan, pemolesan, dan pengecekan fungsi lampu sorot serta sambungannya menjadi tanggung jawab Otoritas Umum Urusan Masjidil Haram dan Masjid Nabawi.

Tim pemeliharaan juga melakukan perawatan pada lentera Hijir Ismail. Jika terjadi kerusakan, mereka akan membongkar lentera-lentera tersebut. Petugas juga akan mengganti cat yang telah usang.

Bagian Administrasi Umum Operasi dan Pemeliharaan dari otoritas juga melakukan pemeliharaan bulanan terhadap tiga lampu gantung di Hijir Ismail. Lampu gantung ini berbentuk lentera yang dihiasi lengkungan dan latar belakang kaca yang memudahkan cahaya masuk. Lentera dengan lampu sorot LED 40 watt tersebut memancarkan cahaya hijau dan memiliki ujung runcing berbentuk bulan sabit.


Ada 8 Ribu Mikrofon dan Pengeras Suara

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru