Akibat Pemanasan Global, Hewan dan Tumbuhan di Antartika Terancam Punah Tahun 2100

Hewan dan Tumbuhan di Antartika Terancam Punah Tahun 2100
- Minggu, 25 Desember 2022 20:06 WIB
Akibat Pemanasan Global, Hewan dan Tumbuhan di Antartika Terancam Punah Tahun 2100
Foto: WIKIMEDIA COMMONS/Christopher Michele
Ilustrasi pinguin. Akibat Pemanasan Global, Hewan dan Tumbuhan di Antartika Terancam Punah Tahun 2100, pinguin menjadi yang terbesar
bulat.co.id -Populasi hewan dan tumbuhan di Antartika dikhawatirkan alami kepunahan terbesar dalam sejarah. Sejumlah Ilmuwan memperhitungkan, pada akhir abad ini akan terjadi penurunan populasi jika konservasi tidak digalakkan.

Spesies yang paling terdampak dalam penurunan populasi paling tajam adalah hewan penguin. Jenis Penguin yang diprediksi akan diambang kepunahan adalah penguin kaisar, penguin Adelie, penguin chinstrap, dan nematoda tanah.

Hasil tersebut didapat setelah peneliti melakukan analisis dua bagian saat mengumpulkan data ilmiah untuk menentukan satwa liar Antartika mana yang paling berisiko di bawah skenario pemanasan global dalam skala sedang dan parah.

Dikutip dari New Scientist via kompas pada Minggu (25/12/2022), Jasmine Lee dari British Antarctic Survey bersama rekan-rekannya kemudian meminta 29 ahli internasional bidang keanekaragaman hayati Antartika untuk menilai biaya dan keefektifan berbagai strategi pengelolaan selama abad berikutnya, seperti pengurangan pariwisata dan penyebaran spesies invasif.

Di bawah strategi manajemen saat ini dan pemanasan global dalam skala sedang, tim menemukan 65 persen populasi tumbuhan dan hewan darat akan menurun jumlahnya pada akhir abad ini.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru