Sistem Usia Tradisional Diganti, Usia Orang Korea Selatan Setahun Jadi Lebih Muda

Redaksi - Rabu, 28 Juni 2023 12:45 WIB
Sistem Usia Tradisional Diganti, Usia Orang Korea Selatan Setahun Jadi Lebih Muda
Istimewa
bulat.co.id -Lee Jung-hee akan berusia 60 tahun, tetapi ia mengetahui kalau pemerintah Korea Selatan membatalkan sistem penghitungan usia tradisionalnya pada Rabu (28/6/2023).

Sebagai hasilnya, ibu rumah tangga yang tinggal di Seoul ini sekarang menjadi satu tahun lebih muda, dan dia sangat senang.

Advertisement

Korea Selatan adalah negara Asia Timur terakhir yang secara resmi masih menggunakan metode penghitungan usia yang menentukan bayi berusia satu tahun saat lahir, dengan menghitung bulan dalam kandungan sebagai tahun pertama kehidupan mereka.

Baca Juga:
Baca Juga :Fakta Dibalik Tewasnya Warga Gresik Yang Kedapatan Mencuri Kunyit

Di bawah sistem tersebut, setiap orang menjadi satu tahun lebih tua setiap pergantian tahun daripada hari ulang tahun mereka yang sebenarnya. Misalnya, bayi yang lahir pada tanggal 31 Desember akan dianggap berusia dua tahun pada tanggal 1 Januari di usia Korea.

Mulai hari Rabu, Korea Selatan akan menggunakan sistem internasional yang menghitung usia berdasarkan tanggal lahir seseorang yang sebenarnya. Hal ini berarti setiap orang secara resmi akan menjadi satu atau dua tahun lebih muda.

"Rasanya enak," kata Lee, seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Seoul.

"Bagi orang-orang seperti saya yang seharusnya berusia 60 tahun mendatang, ini membuat anda merasa masih muda," tambahnya sambil tertawa.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru