Logistik Surat Suara di KPUD Aman

Dede Basyri Hasibuan - Selasa, 23 Januari 2024 15:00 WIB
Logistik Surat Suara di KPUD Aman
Istimewa : Ketua KPUD Karo saat memberikan keterangan.

bulat.co.id - KARO | Menjelang Pilkada tinggal 23 hari, terhitung hari ini, logistik pesta demokrasi tahun 2024 berupa surat suara, kotak suara, tinta dan sejumlah alat bantu serta pendukung lainnya, telah diterima KPUD Kabupaten Karo.

Advertisement

Proses penyortiran serta pelipatan surat suara, juga sudah dilakukan dengan melibatkan warga lokal sesuai ketentuannya. "Kita siap menyelenggarakan Pemilu tahun 2024," kata Ketua KPUD Karo, Rendra Gaulle Ginting didampingi Koordiv Datin, Kurnia Ramadhan Sukatendel, Selasa (23/1/2024).

Baca Juga:

Dikatakan Rendra Gaulle, jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Kabupaten Karo sebanyak 300.088 orang, yang tersebar di lima Dapil, yang dibagi menjadi 1.217 TPS, yang ada di 17 kecamatan se Kabupaten Karo.

"Dari sejumlah TPS itu, ada beberapa TPS, yang akan ditempatkan di instansi seperti Rutan, dan panti milik pemerintah lainnya. Ada sebanyak tiga TPS, yang akan ditempatkan di rumah tahanan negara (Rutan) Kabanjahe, serta beberapa TPS di Panti Sosial lainnya yang ada di Karo," terangnya.

Adapun, untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 ini, kata Rendra, pihaknya telah menerima sebanyak 6.119 kota suara. Kemudian surat suara dengan jumlah 306.683 surat suara Presiden, dan Wakil Presiden, sebanyak 306.683 surat suara DPD RI, sebanyak 306.683 surat suara DPR RI dan sebanyak 306.683 surat suara DPRD Provinsi Sumatera Utara.

"KPUD Karo juga telah menyiapkan sebanyak 55.434 surat suara untuk Dapil Karo 1, sebanyak 70.690 surat suara untuk Dapil Karo dua, sebanyak 57.804 surat suara untuk Dapil Karo tiga, sebanyak 57.891 surat suara untuk Dapil Karo 4 serta sebanyak 64. 864 surat suara untuk Dapil Karo lima. Itu jumlah surat suara setelah sortir, dan setelah klaim beberapa kekurangan, dan kerusakan yang ditemukan pada saat sortir. Dan itu seluruhnya sudah kita terima dengan baik," katanya.

Dijelaskannya lagi, bahwa pendistribusian logistik Pemilu dari KPUD Karo ke PPK akan dilaksanakan 5 hari sebelum hari pelaksanaan Pemilu. Kemudian dari tingkat PPK ke TPS dilakukan sehari sebelum hari H. "Untuk distribusi logistik nanti kita koordinasi dengan pihak Bawaslu dan aparat keamanan untuk proses SOP distribusi," pungkasnya.

Koordiv Datin, Kurnia Ramadan Sukatendel mengatakan, hingga tanggal 15 Januari 2024, ada sejumlah daftar pemilih tambahan (DPtb) yang masuk dalam pemilih pindah (perpindahan).

"Hingga 15 Januari, ada total sejumlah 1767 pemilih keluar dari Kabupaten Karo serta sebanyak 980 pemilih masuk ke Kabupaten Karo. Pemilih yang pindah keluar maupun masuk ke Kabupaten Karo, dilatarbelakangi banyak hal termasuk pindah tugas, pindah Rutan serta pindah domisili dan lain sebagainya," pungkasnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru