KPUD Labuhanbatu Sortir dan Lipat Surat Suara DPR Pemilu 2024

Ucok Sitorus - Rabu, 03 Januari 2024 18:09 WIB
KPUD Labuhanbatu Sortir dan Lipat Surat Suara DPR Pemilu 2024
Istimewa
bulat.co.id -LABUHANBATU | Dengan melibatkan 150 relawan, KPUD Kabupaten Labuhanbatu melakukan penyortiran dan pelipatan (Sorlip) surat suara DPR RI, DPRD PROVINSI dan DPRD Kabupaten, yang akan digunakan pada pemungutan suara di Pemilu serentak 14 Februari mendatang. Bertempat di Aula serba guna rumah dinas Bupati Labuhanbatu, Jalan WR. Supratman, Rantauprapat.

Ketua KPUD Labuhanbatu, Zafar Siddik Pohan, S.Sos M.si kepada wartawan saat ditemui di lokasi, Rabu, (03/01/24) menyebutkan, saat ini pihaknya telah melaksanakan sorlip surat suara DPR tingkat Kabupaten dengan 5 daerah pemilihan.

"Saat ini kita melakukan Sorlip untuk jenis surat suara DPRD Kabupaten Labuhanbatu, ini hari ke 2 dengan sebelumnya kemarin kita telah Sorlip dapil 4 dan dapil 1, dan hari ini Sorlip dapil 5, diperkirakan Sorlip untuk DPRD di 5 dapil diperkirakan akan selesai besok," sebutnya.

Lebih lanjut, Zafar menjelaskan pihak KPUD Labuhanbatu, telah melakukan sorlip untuk surat suara DPR RI dapil Sumut 2 dan menemukan sebanyak 163 surat suara yang rusak atau gagal cetak, serta surat suara DPRD Provinsi Sumut dapil 6 dengan menemukan 144 surat suara yang tidak bisa dipergunakan.

"Sebelumnya, pada akhir Desember 2023, kita sudah melakukan sortir lipat untuk jenis surat suara DPR RI dan DPRD Provinsi. Pada DPR RI kita temukan rusak atau sobek akibat dari gagal cetak, kemudian untuk Provinsi nya 144 yang dianggap gagal cetak atau tinta yang meluber," ungkap Zafar.

Untuk kebutuhan, sambung Zafar, Logistik untuk surat suara masih aman dan terpenuhi, namun nanti sekiranya dalam sortir lipat surat suara DPRD Kabupaten ada yang kurang, pihaknya akan langsung menyurati pimpinan di KPU Provinsi ke KPU RI terkait kebutuhan jenis surat suara jika ada kekurangan.

"Alhamdulillah, hingga saat ini, kebutuhan surat suara untuk DPR dari tingkat RI hingga Kabupaten di KPUD Labuhanbatu masih mencukupi untuk dipergunakan pada pemungutan suara di TPS-TPS di Pemilu mendatang," pungkasnya.

Kordinator Divisi SDMO Diklat Bawaslu Labuhanbatu, Makmur SE, yang merupakan Leading sektor pengawasan Logistik Pemilu mengatakan, kehadiran pihaknya guna memastikan penyortiran surat suara berjalan dengan semestinya.

"Karena ini di pihak ketiga kan, kita takut bahwa pihak ketiga ini hanya mengejar target pelipatan, tidak lagi mensortir sementara yang harus dilakukan adalah penyortiran untuk memastikan bahwa surat suara itu di dapil yang sama, tidak tertukar dan memastikan tidak ada yang tercoblos atau bertanda, itulah kami mengapa melakukan pengawasan melekat," ujar Makmur.

Selanjutnya, Makmur pun memastikan hingga saat ini belum menemukan adanya hal tersebut, pihaknya hanya mendapati bercak tinta kemudian ada surat suara yang sobek selama melakukan pengawasan.

Sementara untuk Logistik Surat suara Presiden-Wakil Presiden dan DPD masih dalam perjalan menuju Kabupaten Labuhanbatu.

Advertisement
Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru