Bantu Warga Jelang Ramadhan, Disperindag Labuhanbatu Salurkan 12 Ton Beras

Ucok Sitorus - Kamis, 07 Maret 2024 16:00 WIB
Bantu Warga Jelang Ramadhan, Disperindag Labuhanbatu Salurkan 12 Ton Beras
Istimewa
bulat.co.id - LABUHANBATU | Guna membantu warga menghadapi lonjakan harga pangan jelang Ramadhan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Labuhanbatu bersama Disperindag Provinsi Sumut dan Bulog Rantauprapat, selama sepekan terakhir mengelar operasi pasar dan pasar murah di 3 lokasi seputaran Kota Rantauprapat dengan menyalurkan sebanyak 12 ton beras dan sembako lainnya.

Dimana sebanyak 12 ton beras jenis medium disalurkan dalam operasi pasar dan pasar murah selama sepekan terakhir. Seperti yang terlihat di halaman Kantor Camat Rantau Selatan, Jalan Dewi Sartika, Kabupaten Labuhanbatu, pada Kamis siang (7/2/24). Ratusan warga rela menunggu 2 jam untuk mendapatkan masing-masing 10 kilogram beras dengan harga dibawah pasaran saat ini.

Advertisement

Mengantisipasi keributan saat operasi pasar berlangsung, dengan pengawalan pihak pengamanan dari TNI-Polri, pihak panitia sebelumnya memberikan nomor antrian kepada warga.

Baca Juga:

Menurut salah seorang warga, Mindo Herdina Pangaribuan menyebutkan, dirinya rela menunggu 2 jam lebih untuk mendapatkan 2 karung atau 10 kilogram beras.

"Dapat informasi dari ibu Lurah Urung Kompas, dari jam 8 ambil nomor antri, hingga jam 10 lewat dapat beras 2 goni (karung) ukuran 5 kilo," sebutnya.

Lebih lanjut, Minda mengatakan, dipasaran per kemasan 5 kilogram bervariasi dari 58 ribu rupiah hingga 60 ribu rupiah. Sedangkan di operasi pasar panitia menjual 53 ribu rupiah per 5 kilogramnya.

Sementara, Kabid Perdagangan Disperindag Labuhanbatu, Boy Rinaldi menjelaskan, bahwa pihaknya bersama Disperindag Provinsi Sumut dan Bulog Rantauprapat telah menyalurkan 12 ton beras dan sembako lainnya seperti minyak goreng, gula pasir dan sarden dengan harga dibawah pasaran.

"Ini merupakan operasi pasar yang dilaksanakan antara Disperindag Labuhanbatu dengan pihak Bulog, dimana kami telah melaksanakan operasi pasar di 2 titik, pertama di Kelurahan Cendana 2,5 ton beras dan saat ini di halaman Kantor Camat Rantau Selatan 2,5 ton beras," sebut Boy.

Dan terakhir kemarin, sambung Boy, pihaknya bersama Disperindag Provinsi Sumut menyalurkan sebanyak 7 ton di Gedung Kesenian. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu masyarakat menghadapi harga sembako. "Total yang telah kita salurkan 12 ton," ujar Kabid perdagangan tersebut.

Rencananya operasi pasar ini akan terus dilakukan untuk menstabilkan harga sembako jelang dan awal Ramadhan.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru