Anggota DPRD Sumut Azmi Yuli Sitorus: BWSS II, Pemprovsu dan Pemkab Segera Tanggulangi Banjir di Sergai

Yusnar - Selasa, 29 Agustus 2023 09:00 WIB
Anggota DPRD Sumut Azmi Yuli Sitorus: BWSS II, Pemprovsu dan Pemkab Segera Tanggulangi Banjir di Sergai
Istimewa
Anggota DPRD Sumut

bulat.co.id -MEDAN | Anggota DPRD Sumut Azmi Yuli Sitorus berharap Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) II, Pemprovsu dan Pemkab segera menanggulangi musibah banjir yang terjadi di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Advertisement

Hal ini disampaikan anggota dewan Dapil IV Tebing Sergai dari Fraksi Gerindra, kepada awak media di Medan, Senin (28/8/23), merespon musibah banjir yang melanda Desa Juhar, Bandar Khalifah, Serdang Bedagai (Sergai).

Baca Juga:

Banjir di kawasan itudikabarkan telah merendam puluhan rumah, dengan ketinggian air mencapai 30 centimeter.

Baca Juga :Sergai Arkhan Fikri Disambut Hangat Keluarga">Pemain Terbaik Piala AFF U-23 asal Sergai Arkhan Fikri Disambut Hangat Keluarga

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari mengatakan banjir terjadi sejak Kamis (24/8/23) pukul 04.10 WIB dan hingga Jumat (25/8/23) pagi banjir masih melanda desa tersebut. Hujan deras mengakibatkan air Sungai Padang di wilayah tersebut meluap.

Menurut Azmi, musibah banjir itu sudah berulang kali terjadi, sehingga diperlukan langkah penanggulangan terpadu, menyeluruh dengan fokus mencari titik yang menjadi penyebab bencana itu.

"Kita perlu langkah yang terpadu dengan melibatkan BWSS II, Pemprovsu dan Pemkab untuk memetakan masalah banjir yang terjadi di Sergai. "Perlu upaya menyeluruh mulai dari hulu ke hilir, agar musibah tidak berulang kembali," katanya.

BWSS yang memiliki tugas sebagai mewakili kementrian PUPR perlu terus memaksimalkan pengelolaan sumber daya air di wilayah sungai dan konservasi dan pendayagunaan sumber daya air dan pengendalian daya rusak air pada sungai.

"Salah satu upaya mencermati pengerukan sungai yang menjadi penyebab banjir di Sergai," katanya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru