Usai Dikembalikan ke Rumah, 5 WNI yang Dijemput Basarnas di Malaysia kembali Ditangkap

Mereka Ternyata Komplotan Perompak
Redaksi - Kamis, 02 November 2023 15:45 WIB
Usai Dikembalikan ke Rumah, 5 WNI yang Dijemput Basarnas di Malaysia kembali Ditangkap
Istimewa

bulat.co.id -BATAM | Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau (Kepri) menangkap 3 dari 5 WNI yang sebelumnya terdampar di Malaysia akibat kapal karam.

Advertisement

Para WNI yang dievakuasi Basarnas Tanjungpinang itu ternyata komplotan perompak di Selat Malaka dan Singapura.

Baca Juga:

Palaksa Lanal Tanjung Balai Karimun (TBK), Mayor Laut (KH) Pangihutan Panjaitan mengatakan terungkapnya identitas 5 komplotan perompak itu dari hasil deteksi unit Intel Lanal TBK. Ia menyebut kelima orang itu terdampar bukan tengah melakukan aktivitas memancing.

Baca Juga :Dituding Dalangi Kerusuhan Rempang oleh Wali Kota Batam, Ini Kata Gubernur Kepri

"Diduga mereka tidak sedang mencari ikan ketika boat pancungnya dihantam gelombang dan terdampar di Malaysia seperti yang dilaporkan, karena 3 orang di antaranya adalah pemain lama pelaku pencurian sparepart kapal," kata Mayor Pangihutan, Kamis (2/11/23).

Kelima orang itu usai dievakuasi oleh Basarnas ke Karimun, kemudian dipulangkan ke rumahnya. Para WNI itu diamankan Lanal TBK selang sehari usai dikembalikan ke rumahnya pada Selasa (31/10/23) pagi.

"Setelah diadakan pengolahan data oleh Tim Siber Lanal TBK dengan mengakses data-data korban melalui jejaring sosial dan juga lini masa para korban tersebut tiga dari mereka terindikasi sebagai pelaku kejahatan perompakan di Selat Malaka dan Selat Singapura," ujarnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru