Viral hingga Galang Dana di X: Jenazah Ditahan RS karena Nunggak Biaya BPJS Kesehatan

Andy Liany - Selasa, 07 November 2023 10:15 WIB
Viral hingga Galang Dana di X: Jenazah Ditahan RS karena Nunggak Biaya BPJS Kesehatan
Ilustrasi.
bulat.co.id -Yulia Maulidina (23) seolah mendapat masalah bertubi-tubi usai orangtuanya, Ai Supriatin (48) meninggal dunia.

Belum kering air mata ditinggal ibu tercinta, Yulia harus berhadapan dengan masalah baru yakni kendala biaya pengobatan di rumah sakit.

Advertisement

Hal ini berdampak pada proses fardhu kifayah jenazah Ai karena harus tertahan di rumah sakit dan tak bisa dibawa pulang ke rumah.

Baca Juga:

Jenazah Ai tak bisa dibawa pulang untuk dimakamkan lantaran BPJS Kesehatan yang dipakai untuk biaya pengobatan menunggak sebesar Rp1.820.000.

Di tengah kemelut kesedihan bertubi-tubi, Yulia harus pontang-panting cari pinjaman uang.

"Saya dapat pinjaman dari temen kerja untuk bayar tunggakan BPJS. Langsung buru-buru saya selesai kan supaya ibu bisa dibawa ke Cililin untuk dimakamkan," tutur Yulia, Senin 6 November 2023.

Yulia bercerita, Sang Ibu Ai adalah warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Beberapa bulan terakhir ibunya itu mengeluh sakit kaki. Agar perawatan terhadap ibunya lebih intensif, Yulia memilih membawanya ke Kota Bandung agar lebih dekat dengan dirinya.

Pada Minggu, 5 November 2023, kondisi kesehatan Ai makin memburuk.

Ia meringis kesakitan dan tak bisa berjalan. Pihak keluarga inisiatif membawanya ke ruang IGD salah satu rumah sakit di Kota Bandung.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru