Update! Seleksi 2,3 Juta CASN pada 2024 Dilaksanakan dalam Tiga Periode, Ini Jadwalnya

Hadi Iswanto - Jumat, 19 Januari 2024 17:40 WIB
Update! Seleksi 2,3 Juta CASN pada 2024 Dilaksanakan dalam Tiga Periode, Ini Jadwalnya
Ujian seleksi CASN 2024 akan dilaksanakan 3 gelombang
bulat.co.id - Perekrutan besar-besaran calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024 ternyata bukan isapan jempol semata. Pemerintah akan membuka seleksi bagi 2,3 juta formasi CASN tahun depan dalam 3 periode. Berikut ini jadwalnya"Untuk mengakomodir formasi tersebut, BKN melaksanakan Seleksi CASN 2024 dilakukan sebanyak 3 periode," ujar Plt Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Haryomo Dwi Putranto, Jumat (19/01/2024).

Advertisement
Haryomo mengatakan, pelaksanaan seleksi tersebut akan dimulai pada Maret 2024 hingga Agustus 2024.

Baca Juga:
Dijelaskan Haryomo, untuk proses seleksi administrasi dan penguman CPNS serta kedinasan periode I dimulai minggu ketiga Maret 2024.

Sedangkan pada periode II akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada Juni 2024.

Kemudian pada periode III akan dilaksanakan pengumuman dan seleksi administrasi penerimaan CPNS dan PPPK pada bulan Agustus 2024.

Ia menambahkan, berdasarkan hasil evaluasi pelaksanaan Seleksi CASN Tahun 2023 pihaknya akan melakukan sejumlah perbaikan pada Seleksi CASN Tahun 2024.

Terdapat sejumlah hal yang menjadi temuan Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CASN 2023.

Antara lain, pertama pada fase seleksi administrasi ditemukan bahwa Pansel Instansi tidak akurat dalam melakukan verifikasi. Baik pada kualifikasi pendidikan, sertifikasi yang tidak valid, pengalaman kerja, dan NIK yang tidak ditemukan.

Kedua, pada fase pelaksanaan seleksi masih ditemukan praktik perjokian. Ketiga, pada fase hasil seleksi, konversi nilai CAT sebagai dampak dilaksanakannya seleksi kompetensi teknis tambahan (SKTT).

Yakni nilai CAT ≥ 50 persen, nilai SKTT ≤ 50 persen (norma umum) dan nilai CAT 70 persen ditambah nilai SKTT 30 persen (guru). Selain itu, proses daftar riwayat hidup terhambat karena terbatasnya kapasitas fasilitas kesehatan untuk pemeriksaan kesehatan peserta yang lulus.

Khususnya di daerah 3T (tertinggal, terluar, dan terdepan). Hal senada disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

Ia menyatakan, pihaknya akan melakukan sejumlah penyempurnaan proses rekrutmen CASN 2024. "Masukan dari publik, akademisi, maupun instansi pemerintah pusat sampai daerah menjadi bahan evaluasi agar seleksi CASN semakin baik," kata Anas.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru