Istana di IKN Mau Dipakai Upacara 17 Agustus 2024, Ini Kata Kepala Otorita Ibu Kota

Redaksi - Selasa, 30 Januari 2024 14:30 WIB
Istana di IKN Mau Dipakai Upacara 17 Agustus 2024, Ini Kata Kepala Otorita Ibu Kota
Istimewa
bulat.co.id - JAKARTA | Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono buka suara soal rencana upacara peringatan hari kemerdekaan di IKN pada 17 Agustus 2024. Menurutnya, sampai saat ini pihaknya dengan Kementerian Sekretariat Negara masih berkoordinasi intens soal rencana upacara di IKN.Kordinasi itu terkait mulai dari bentuk acaranya seperti apa, berapa banyak orang yang mau hadir, dan fasilitas seperti apa yang akan disiapkan.

Advertisement
"Upacara 6 bulan lagi ya. Memang ini dikoordinasikan dengan Sekneg, kami akan koordinasi bagaimana bentuknya, berapa orang di situ, Fasilitasnya seperti apa yang mau disediakan," ungkap Bambang dalam konferensi pers di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa (30/1/24).

Baca Juga:
Lalu apakah bangunan Istana Negara di IKN sudah siap untuk digunakan sebagai tempat upacara? Bambang mengatakan pihaknya tak bisa memastikan semua bangunan bisa selesai pada 17 Agustus 2024. Hanya saja dia mengatakan kemungkinan untuk tempat upacara seperti Plasa Seremoni hingga Sumbu Kebangsaan diusahakan bisa digunakan untuk upacara 17 Agustus nanti.

Bambang juga bilang ada kemungkinan upacara 17 Agustus di IKN nanti dilakukan dengan opsi hybrid, ada yang langsung dan daring. Namun keputusan itu semua ada di Kementerian Sekretariat Negara selaku koordinator acara peringatan kemerdekaan Indonesia.

"Tapi 2024 itu jangan dipikir semua sudah jadi semua. Gitu kan. Insyaallah Istana jadi, Plasa Seremoni jadi, Sumbu Kebangsaan jadi. Apakah full scale atau hybrid nanti ditanyakan ke Sekneg dia yang koordinatornya," beber Bambang.

Dalam paparan Bambang, sampai saat ini progres pembangunan Istana Presiden dan juga Lapangan Upacara atau Plasa Seremoni sudah mencapai 54,07%. Sementara itu, untuk Sumbu Kebangsaan fase 1 progresnya mencapai 96,41%.

Bambang menambahkan nantinya di Sumbu Kebangsaan pemerintah juga membuat suatu tempat peringatan untuk penghargaan kepada pendiri bangsa, dia menyebutnya sebagai area Memorial Park. Akan ada patung proklamator Soekarno dan Mohammad Hatta di sana, sekaligus ada juga api abadi sebagai simbol semangat Indonesia menjadi Indonesia Emas 2045.

"Memorial Park itu tempat di mana kita melakukan misalnya penghargaan kita kepada para pendiri Republik, para pelawan dan sebagainya. Biasanya kan kalau di Jakarta, kalau ada kunjungan tamu negara akan membawa bunganya terus ditaruh di Taman Makam Pahlawan. Di sana dimana? Belum ada nih. Jadi kita bikin Memorial Park," papar Bambang.

"Memorial Park itu nanti akan ada Patung Soekarno dan Hatta, bapak pendiri kita. Kalau kita lihat nanti dari Istana, dan di bukit itu nanti akan ada bendera tinggi merah putih di tengah-tengahnya insyaallah akan ada api abadi," lanjutnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru