Simak, Beberapa Tokoh Madura Terpopuler Dari Tingkat Nasional Hingga Internasional

Habibi - Minggu, 11 Februari 2024 16:51 WIB
Simak, Beberapa Tokoh Madura Terpopuler Dari Tingkat Nasional Hingga Internasional
Jembatan suramadu terpanjang di Indonesia
bulat.co.id - Banyak tokoh ternama lahir dari Pulau Madura. Berikut beberapa tokoh Madura terpopuler baik di tingkat nasional maupun internasional.

Advertisement
Pulau Madura, yang terletak di timur laut Jawa Timur, memiliki luas wilayah sekitar 5.379 kilometer persegi. Luas ini setara dengan 8 kali luas DKI Jakarta dan 11 persen dari luas daratan Jawa Timur.Pulau Madura terbagi menjadi 4 kabupaten:

Baca Juga:
Bangkalan: 2.929,67 km² (54,5%)

Sampang: 1.233,08 km² (23%)

Pamekasan: 792,30 km² (14,73%)

Sumenep: 2.093,57 km² (38,92%)

Panjang pulau ini dari ujung barat di Kamal sampai dengan ujung Timur di Dungkek sekitar 160 kilometer dan lebar maksimalnya sekitar 40 kilometer.

Beberapa fakta menarik tentang luas wilayah Pulau Madura:

Pulau Madura merupakan pulau terbesar ketiga di Indonesia setelah Papua dan Kalimantan. Luas wilayah Pulau Madura lebih besar daripada beberapa provinsi di Indonesia, seperti Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Pulau ini memiliki garis pantai sepanjang 389 kilometer. Tak itu saja pulau Madura juga melahirkan beberapa tokoh, politikus hingga seniman termasuk budaya dan tradisinya yang kaya. Tak heran, banyak tokoh terlahir dari pulau ini dan berkiprah di berbagai bidang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Berikut beberapa tokoh Madura terpopuler:

Editor
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru