10 Orang Dikabarkan Hilang, 25 Rumah Rusak Parah dalam Peristiwa Longsor di Cipongkor Bandung Barat

Redaksi - Senin, 25 Maret 2024 12:00 WIB
10 Orang Dikabarkan Hilang, 25 Rumah Rusak Parah dalam Peristiwa Longsor di Cipongkor Bandung Barat
Istimewa
bulat.co.id - BANDUNG BARAT | Longsor menerjang pelosok Kabupaten Bandung Barat (KBB). Sepuluh warga Kampung Gintung, RT 03/10, Desa Cibenda, Kecamatan Cipongkor dilaporkan hilang saat bencana longsor menerjang.

Longsor menerjang kampung tersebut pada Minggu (24/3/24) dini hari, usai diguyur hujan deras selama lebih dari dua jam. Akibat longsor itu, 25 rumah rusak parah.

Advertisement

"Kondisi sangat parah, banyak rumah tertimbun. Sampai saat ini, laporan sementara ada 10 warga yang masih belum ditemukan," kata Camat Cipongkor, Rega Wiguna saat ditemui di lokasi kejadian, Senin (25/3/24).

Baca Juga:

Sementara itu, dua warga berhasil dievakuasi lalu dilarikan ke RSUD Cililin. Sementara seorang warga lainnya saat ini berada di pengungsian di Gor Desa Cibenda.

"Kondisinya kebanyakan luka-luka karena diterjang longsor. Saat ini proses pencarian masih dilakukan oleh Basarnas, BPBD, relawan, kepolisian, dan TNI. Pencarian secara manual," kata Rega.

Warga yang hilang diterjang longsor itu kemungkinan sedang berada di dalam rumah. Sebab saat kejadian, kondisi sedang hujan deras sejak Minggu pukul 21.00 WIB.

"Kemungkinan seperti itu (di dalam rumah) karena kejadiannya malam hari kan ya. Posisinya memang yang paling dekat dengan mahkota longsor," kata Rega.

Sementara jumlah warga terdampak bencana longsor tersebut mencapai 55 kepala keluarga atau sekitar 225 jiwa. Merek saat ini diungsikan ke beberapa titik pengungsian.

"Saat ini kita evakuasi di Gor Desa Cibenda, SDN 1 Cibenda, dan SDN Padakati. Ada juga yang mengungsi ke rumah kerabatnya," kata Rega.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru