500 CCTV Dipasang Korlantas tuk Pantau Mudik Lebaran

Redaksi - Selasa, 02 April 2024 11:57 WIB
500 CCTV Dipasang Korlantas tuk Pantau Mudik Lebaran
Istimewa
bulat.co.id - CIREBON | Korlantas Polri terus mematangkan persiapan dalam menyambut musim mudik lebaran 2024. Selain telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas, Korlantas Polri juga mendirikan command center untuk memantau pergerakan arus lalu lintas di jalur mudik.

Command center atau pusat kendali itu salah satunya didirikan Tol Cipali Kilometer 188, Kecamatan Palimanan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Command center itu dibangun dengan memanfaatkan eks kantor Gerbang Palimanan.

Advertisement

Dirgakkum Korlantas Polri, Brigjen Raden Slamet Santoso mengatakan untuk memastikan kelancaran arus kendaraan dalam musim mudik lebaran, kehadiran command center menjadi suatu hal yang sangat penting.

Baca Juga:

"Jadi command center ini mengacu kepada command center yang sebelumnya ada di Kilometer 29. Sehingga itu akan saling terintegrasi dan saling termonitor pergerakan arus lalu lintas dari Jakarta, kemudian masuk ke Jawa Barat, kemudian lepas ke Jawa Tengah," kata Brigjen Raden Slamet Santoso usai meresmikan command center di Tol Cipali KM 188, Senin (1/4/2024).

"Demikian juga sebaliknya, dari Jawa Tengah pada saat arus balik ke Jawa Barat dan ke jalur selatan di Cisumdawu dan lain sebagainya. Sehingga command center ini sangat bermanfaat untuk mengelola, mengatur arus lalu lintas. Baik di jalur tol maupun di jalur arteri," sambung dia.

Menurutnya, pada command center di Tol Cipali KM 188, terdapat layar monitor yang sudah terintegrasi dengan kamera CCTV. Kamera CCTV itu telah terpasang di sepanjang jalur tol tersebut.

"Setiap 500 meter kita pasangi satu CCTV. Sehingga di command center ini akan termonitor pergerakan (kendaraan)," kata Raden.

Sementara itu, Direktur Operasional Astra Tol Cipali, Rinaldi memastikan Command Center di KM 188 ini siap digunakan sebagai pusat komunikasi dan koordinasi lalu lintas.

Dari sisi visual, kata dia, pemantauan lalu lintas dapat terlihat melalui 9 wall yang berisikan CCTV ruas Tol Cipali, CCTV ruas Tol Cisumdawu, CCTV ruas Tol Jasamarga, hingga dashboard informasi Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS) serta Monitoring Lalu Lintas Per Jam (MLPJ).

Sedangkan dari sisi komunikasi, command center KM 188 telah dilengkapi dengan meja operator radio oleh Polda Jabar yang berfungsi sebagai alat komunikasi utama antara petugas di Command Center dengan petugas yang berada di lapangan.

"Dengan fasilitas pendukung yang telah siap, ASTRA Tol Cipali yakin koordinasi pengaturan lalu lintas bersama dengan Korlantas Polri akan semakin optimal," ucap Rinaldi.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru