RI Temukan Harta Karun Golongan A di 2 Wilayah Bagian Timur Indonesia

RI Temukan Harta Karun Golongan A di 2 Wilayah Bagian Timur Indonesia
- Senin, 06 Februari 2023 13:35 WIB
RI Temukan Harta Karun Golongan A di 2 Wilayah Bagian Timur Indonesia
Foto: Shutterstock
Ilustrasi tambang minyak
bulat.co.id -Indonesia melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) serta Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menemukan harta karun golongan A. Dalam hal ini adalah potensi sumber daya minyak bumi di dua wilayah di Indonesia Timur.

Penemuan potensi ini tentunya menjadi kabar gembira untuk Indonesia. Di mana saat ini, Indonesia sedang membutuhkan tambahan produksi minyak bumi di kala produksi siap jual (lifting) migas Indonesia sedang mengalami penurunan karena sumur-sumur sudah mature atau tua.

Melansir dari CNBC, Potensi cadangan minyak itu ada di Blok Warim, Papua yang tercatat oleh Kementerian ESDM mencapai 25 miliar barel minyak serta 47 triliun kaki kubik gas (TCF) di atas produksi gas milik Blok Masela yang diperkirakan mencapai 10,73 TCF.

Selain Blok Warim, potensi cadangan minyak bumi baru juga diketahui ada di Blok Seram, Maluku. SKK Migas mencatat, setidaknya potensi cadangan mencapai 5 miliar barel.

"Kita punya potensi cadangan minyak, itu yang Warim sama Seram yang nanti kita akan fokus, Kementerian esdm akan fokus di dua ini bagaimana ini bisa segera jadi Wilayah Kerja," terang Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto saat ditemui di Gedung DPR.

Advertisement
Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru