Sat Samapta Polres Padangsidimpuan Laksanakan Latihan Dalmas Awal dan Lanjutan

Suhut Gultom - Jumat, 10 Mei 2024 14:30 WIB
Sat Samapta Polres Padangsidimpuan Laksanakan Latihan Dalmas Awal dan Lanjutan
Istimewa
bulat.co.id - PADANGSIDIMPUAN | Tingkatkan kesiapan hadapi Pilkada Serentak 2024 Polres Padangsidimpuan melalui Satuan Samapta melalukan latihan Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan dilapangan Voli Polres setempat, Jumat (10/5/2024) pagi.

Giat tersebut dipimpin Kasat Samapta Polres Padangsidimpuan AKP T Saragih dengan Danton Dalmas Awal Bripka Togar Pohan SH dan Danton Dalmas Lanjutan Bripka Imanta Tarigan serta Pelatih Dalmas Brigadir Ilham Samawi.

Advertisement

Kasat Samapta AKP T Saragih dikesempatannya mengatakan bahwa latihan Dalmas dilakukan secara rutin, selain untuk meningkatkan kemampuan fisik dan keterampilan serta kesiapsiagaan Personel dalam menghadapi perkembangan situasi Kamtibnas dilapangan. Giat ini dilakukan dalam menyikapi kesigapan Personel pada Pilkada Serentak 2024 mendatang.

Baca Juga:

"Giat ini dilaksanakan secara rutin, selain untuk kemampuan, keterampilan dan kesiapsiagaan Personel pada perkembangan situasi Kamtibmas, juga melatih kesigapan Personel menyambut Pilkada Serentak November 2024 ini", ujar Saragih.

Diterangkan T Saragih bahwa dasar latihan Dalmas tersebut sesuai Undang-Undang No 02 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara RI dan Perkap No 16 Tahun 2006 tentang Pedoman Pengendalian Massa serta Perkap Nomor 01 Tahun 2009 tentang Penggunaan Kekuatan Dalam Tindakan Kepolisian.

"Dasar giat ini sesuai Undang-Undang dan Perkap, serta dilakukan secara rutin. Dimana secara tidak langsung dapat meningkatkan kemahiran dan keterampilan Personel saat menghadapi massa. Juga dapat membentuk mental emosional yang stabil, artinya Personel dapat mengendalikan dirinya dengan baik dan mumpuni", terang Saragih

Dijelaskan T Saragih bahwa tujuan dari latihan Dalmas bertujuan membangun jiwa kekompakan dan kebersamaan dalam menghadapi ancaman yang berpotensi timbul dari demonstrasi atau aksi unjuk rasa.

"Pola latihan meliputi kemampuan menggunakan akses tameng dan tongkat Dalmas, gerakan memakai perlengkapan Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan dan kegiatan peningkatan kesiapsiagaan dan ke Samapta an dari Personel Sat Samapta Polres Padangsidimpuan", jelas Saragih.

Ditegaskan T Saragih bahwa giat ini untuk memastikan bahwa Pleton Dalmas Sat Samapta selalu siap kapan dan dimanapun saat diterjunkan ke lapangan.

"Pleton Dalmas Sat Samapta Polres Padangsidimpuan siap kapan dan dimanapun saat diterjunkan ke lapangan", tegas T Saragih.

Suasana ketika Sat Samapta Polres Padangsidimpuan laksanakan latihan Dalmas Awal dan Dalmas Lanjutan.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru