Diduga Ubah KK Saat PPDB, 4.791 Calon Siswa Dicoret

- Senin, 17 Juli 2023 15:15 WIB
Diduga Ubah KK Saat PPDB, 4.791 Calon Siswa Dicoret
internet
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

bulat.co.id -JABAR | Karena diduga mengubah data kepala keluarga (KK) dalam penerima peserta didik baru (PPDB) 2023, sebanyak 4.791 calon siswa dicoret Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Pencoretan ini sebagai tindakan tegas pemerintah terhadap peserta yang kedapatan melakukan kecurangan dengan memalsukan data.

Advertisement


Gubernur Jawa BaratRidwan Kamil, mengatakan mereka yang dicoret ini kebanyakan karena memalsukan data. "Sebanyak 4.791 mereka yang mendaftar dengan cara-cara ilegal di antaranya menyiasati domisili kartu keluarga," kata Ridwan Kamil di SMKN 12 Bandung, sesuai meninjau masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) Senin (17/7/2023).

Baca Juga:
Baca Juga :Antisipasi Karhutla, Polres Bangka Lakukan Pemetaan
Emil, sapaan Ridwan Kamil, mengatakan pencoretan ini dilakukan setelah adanya laporan dari masyarakat kepada tim pengaduan. "Memang tidak ada drama. Mungkin yang ekspetasi orang tetapi kita ini terstruktur. Ada tim pengaduan dan kita sudah membatalkan 4.791 calon siswa yang mencoba mengelabui," ujarnya.

Menurut Emil, pencoretan ini dilakukan untuk memberikan efek jera dan pembelajaran untuk tidak melakukan kecurangan. Semua harus sesuai dengan peraturan yang dilaksanakan. "Tentu kita akan mengevaluasi banyak komplain. Bersama pemerintah pusat dan pemerintah Provinsi Jawa Barat akan mengevaluasi menyeluruh terutama adanya kekurang fasilitas di sekolah," jelasnya. (dhan/bs)

Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru