Asal Usul Bangsa Indonesia Menurut Pendapat 10 Ahli Sejarah

- Minggu, 30 Juli 2023 13:00 WIB
Asal Usul Bangsa Indonesia Menurut Pendapat 10 Ahli Sejarah
Internet
Ilustrasi

bulat.co.id -TAHUKAH kamu dari mana asal-usul nenek moyang bangsa kita (Indonesia?) Berkaitan dengan hal ini, banyak pendapat dari para ahli sejarah dan antropologi.

Advertisement

Beberapa di antaranya setuju bila nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Yunnan, China. Hal ini mengembangkan sebuah teori yang dinamakan Teori Yunnan.

Baca Juga:

Baca Juga :Uma Rema Class Faperta Unflor Gelar Training Skill Fasilitasi Bagi Tim PPK Ormawa Tahun 2023

Tak hanya teori Yunnan ada tiga teori lain yang disebut menjelaskan asal-usul nenek moyang bangsa Indonesia. Ketiganya adalah teori Nusantara, teori Out of Taiwan, dan Teori Out of Africa.

Lalu bagaimana penjelasan ahli sejarah dan antropologi terkait hal itu? Begini informasi selengkapnya dikutip dari Modul Sejarah Indonesia SMA Kelas X yang dikeluarkan Kemendikbud terkait 10 Pendapat Ahli tentang Asal-usul Bangsa Indonesia:

1. Drs Moh Ali

Drs Moh Ali adalah pendukung teori Yunnan. Ia menyatakan bangsa Indonesia berasal dari hulu-hulu sungai besar yang terletak di daratan Asia.

Tak langsung mereka datang secara bergelombang. Gelombang pertama terjadi pada tahun 3.000-1.500 SM atau yang disebut dengan Proto Melayu.

Gelombang kedua terjadi pada tahun 1.500-500 SM yang disebut dengan Deutro Melayu. Perbedaan diantara keduanya adalah kedatangan dengan kebudayaan Neolitikum yang khas. Gelombang pertama datang dengan jenis perahu bercadik satu, sedangkan gelombang kedua menggunakan perahu bercadik-dua.


Editor
:
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru