Pasca Idul Adha, Harga Ikan Segar Melonjak Naik, Ini Penyebabnya

- Jumat, 30 Juni 2023 09:16 WIB
Pasca Idul Adha, Harga Ikan Segar Melonjak Naik, Ini Penyebabnya
istimewa
bulat.co.id -Sehari pasca Idul Adha, harga ikan segar di sejumlah pasar tradisional mengalami kenaikan. Kenaikan harga diduga karena langkanya ikan yang datang dari laut hasil tangkapan para nelayan.

Advertisement

Masih berlangsungya musim angin timur atau disebut Timuran, menyebabkan banyak para nelayan enggan untuk melaut. Pasalnya, disamping risiko angin dan menimnya hasil tangkapan ikan, ditambah biaya BBM dan perbekalan mahal yang tidak sesuai dengan hasil tangkapan ketika di lelang pada tempat pelelangan ikan yang ada di Pemalang.

Baca Juga:
Baca Juga :Lima Pelaku Penyelundupan Kayu Mahang Ilegal Ditangkap Polresta Barelang, 84 Ton Barang Bukti Diamankan

Tingginya biaya BBM dan perbekalan mahal yang tidak sesuai dengan hasil tangkapan ketika di lelang pada tempat pelelangan ikan menyebabkan mahalnya harga ikan segar di sejumlah pasar.

Carmi (35) seorang pedagang ikan di pinggir jalan Gatot Subroto, Pemalang, Jawa Tengah ketika di temui pada Jumat pagi (30/6/23) mengaku jika hampir rata - rata jenis ikan yang di jualnya mengalami kenaikan, salah satu contohnya ikan kerapu berukuran sedang yang sekarang harga jualnya tembus Rp 30 ribu/kg.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru