Ini Kue Kamir, Jajanan Khas Pemalang Yang Banyak Diburu Pemudik

- Jumat, 30 Juni 2023 15:00 WIB
Ini Kue Kamir, Jajanan Khas Pemalang Yang Banyak Diburu Pemudik
istimewa
bulat.co.id -Kue kamir merupakan jajanan khas kota Pemalang, Jawa Tengah yang keberadaannya sudah ada semenjak jaman penjajahan Jepang. Sebagai produk kue jajanan asli Kota Pemalang, biasanya sering disebut dengan sebutan nasi grombyang.

Advertisement

Kudapan dari bahan tepung terigu dan tape singkong serta campuran rempah-rempah ini, keberadaannya di Kota Pemalang tidak sulit di jumpai, hampir seluruh toko roti / kue yang berada di sepanjang jalan Jenderal Sudirman Pemalang Kota, serta pasar yang ada di Kabupaten Pemalang banyak penjual kue berbentuk bulat tebal serta berwarna coklat kehitaman-hitaman ini.

Baca Juga:
Baca Juga :Krisis Anggaran Terpa Damkar Kabupaten Pemalang

Salah satunya adalah Anto (45) warga Dusun Glintang, Kelurahan Bojongbata, Kecamatan Pemalang Kota, yang mangkal, membuat sekaligus menjual kue kamir di bahu jalan Gatot Subroto Pemalang.

Baca Juga :Pasca Idul Adha, Harga Ikan Segar Melonjak Naik, Ini Penyebabnya

Ketika ditemui pada Jumat siang (30/6/23) bapak dua anak ini mengakui semenjak pagi hingga siang hari,banyak pembeli memesan dengan jumlah banyak. "Pembeli memesan 5 - 20 kue kamir bahkan ada yang 100 kamir, kebanyakan mau buat oleh-oleh dibawa keluar kota," kata Anto.

Seorang pembeli bernama Muslihin (55) mengaku jika dirinya asli orang Bogor Jawa Barat yang habis merayakan lebaran Idul Adha di tempat saudaranya di Pemalang ini sengaja membeli oleh-oleh kue kamir. "Kalau saya ke Pemalang banyak yang pesan dibawakan kue kamir oleh keluarga saya di Bogor," katanya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru