6 Poin Debat Cawapres 2024: Ada Podium, Gibran Duluan

Hadi Iswanto - Jumat, 22 Desember 2023 18:19 WIB
6 Poin Debat Cawapres 2024: Ada Podium, Gibran Duluan
debat cawapres berlangsung Jumat malam ini
bulat.co.id -Komisi Pemilihan UMUM (KPU) telah menentukan aturan main untuk calon wakil presiden (cawapres) 2024. Berikut ini beberapa poin debat cawapres 2024.

Malam ini 22 Desember 2023, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Gibran Rakabuming, dan Mahfud MD untuk saling adu gagasan. Berikut aturan main debat cawapres 2024.

Advertisement

Berikut ini aturan main dan beberapa poin penting debat cawapres 2024

Baca Juga:

1. Durasi

Debat kali ini akan berlangsung 150 menit (120 bersih) dengan enam segmen. Berikut adalah rincian tiap segmen tersebut.

Segmen pertama: Penyampaian visi dan misi oleh masing-masing cawapres. Tiap cawapres maksimal menyampaikan 2 menit.

Segmen kedua dan ketiga: Pendalaman visi dan misi dengan menjawab pertanyaan dari panelis.

Segmen empat dan lima: Tanya jawab sesama cawapres.

Segmen keenam: Pemberian closing statement atau pernyataan terakhir sebagai kesimpulan.

Malam ini, debat akan membawakan tema seputar ekonomi,keuangan, pajak dan tata kelola APBN-APBD, investasi,perdagangan, serta infrastruktur dan perkotaan.

2. Gibran Duluan

KPU telah memutuskan untuk merotasi giliran tampil perdana dalam pemaparan visi-misi sepanjang debat capres-cawapres di Pilpres 2024.

Jika pada debat pertama Anies Baswedan selaku Capres nomor urut 1 mendapat giliran pertama bicara, maka kali ini Gibran Rakabuming selaku Cawapres nomor urut 2 mendapat giliran pertama memaparkan visi-misi.

Pada debat berikutnya peserta nomor urut 3 akan mendapat giliran pertama, dan putaran berlanjut untuk sesi debat berikutnya.

3. Ada podium dan boleh bawa alat tulis

Salah satu aturan main debat cawapres 2024 yang menarik adalah penyediaan podium untuk masing-masing cawapres. Diketahui ini merupakan usul dari ketiga tim pasangan capres-cawapres.

Podium tersebut akan terus digunakan selama sisa debat yaitu debat kelima beberapa waktu mendatang.

Selain itu, KPU juga telah memberikan aturan baru bahwa kini para cawapres yang akan debat boleh membawa alat tulis berupa kertas dan pulpen.

"Di podium itu diberikan kesempatan untuk menyiapkan alat tulis, berupa pulpen dan kertas. Alat bantu yang diperbolehkan yang disepakati adalah alat tulis berupa kertas dan pulpen," ujar Hasyim Asy'ari dalam jumpa per hari Kamis (21/12/23).

"Hanya saja alat bantu yang lain (misalnya) teleprompter atau iPad atau yang lain-lain tidak boleh," tambah ketua KPU tersebut.

Pada debat sebelumnya, capres memang tidak diperbolehkan membawa alat bantu sama sekali. Para capres juga tidak memiliki podium.

4. Aturan Timses dan pendukung

Selain aturan baru tersebut, debat cawapres juga tidak boleh membawa lebih dari 75 orang ke arena debat, tepatnya di Jakarta Convention Center (JCC).

Selain itu, pendukung dan setiap orang yang hadir di arena debat juga tidak diperbolehkan untuk mengompori tim atau membuat kegaduhan.

"Masing-masing tim paslon menyepakati hal-hal yang sudah disepakati sejak awal agar kemudian ada peneguhan komitmen supaya tetap tertib, sesuai dengan (kesepakatan) pasangan calon dan KPU," ujar Hasyim.

Pendukung yang hadir di arena debat juga dilarang membawa atribut kampanye kecuali yang sudah menempel di tubuh,seperti pakaian dengan nama atau gambar capres-cawapres.

Itulah beberapa aturan main debat cawapres 2024 yang akan digelar malam ini.

5. Pertanyaan disusun 11 panelis

Pertanyaan yang akan dilayangkan moderator kepada para cawapres malam nanti adalah hasil penyusunan oleh 11 panelis.

Dari 11 nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan ekonom, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia hingga lembaga riset seperti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Mereka adalah Alamsyah Saragih (Anggota Ombudsman RI Periode 2016-2020), Adhitya Wardhono (Ekonom dan Pengajar FEB Universitas Jember), Agustinus Prasetyantoko (Ekonom dan Rektor Universitas Katolik Indonesia Alma Jaya 2015-2023), Fausan Ali Rasyid (Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Sunan Gunung Djati Bandung) dan Hendri Saparini (Pendiri dan Ekonom CORE Indonesia).

Kemudian, Hyronimus Rowa (Wakil Rektor Bidang Akademik dan Inovasi IPDN), Poppy Ismalina (Associate Professor di Departemen Ekonomi Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM), Retno Agustina Ekaputri (Rektor Universitas Bengkulu 2021-2025), Suharnomo (Dekan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro), Tauhid Ahmad (Direktur Eksekutif INDEF dan Dosen FEB Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta) dan Yose Rizal Damuri (Direktur Eksekutif Center for Strategic and International Studies/CSIS).

6. Moderator

KPU telah menetapkan nama Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa sebagai moderator debat cawapres.

Alfito adalah Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana adalah pembawa berita sekaligus produser Kompas TV.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru