Kebakaran Kandang di Kecamatan Pegajahan, Ribuan Ayam Mati Terpanggang

- Selasa, 06 September 2022 05:55 WIB
Kebakaran Kandang di Kecamatan Pegajahan, Ribuan Ayam Mati Terpanggang
Petugas Pemadam Kebakaran melakukan pemadaman dan pendinginan di lokasi kebakaran kandang ayam di kecamatan Pegajahan (foto: dok. damkar Deli Serdang)

bulat.co.id - Sebanyak 2.800 ekor ayam siap panen milik perusahaan PT Karya Semangat Mandiri mati terpanggang api, akibat kandang pembibitan ayam yang ada di Dusun Karang Sari, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai terbakar pada Senin (5/9/2022) sore. 

Advertisement

Sebanyak empat unit mobil pemadam kebakaran (tiga unit milik Pemkab Serdang Bedagai dan satu unit dari kabupaten Deli Serdang) pun dikerahkan dalam insiden kebakaran tersebut. Pemadam dibantu warga berjibaku memadamkan kobaran api yang cukup besar tersebut.

Baca Juga:

"Tadi kejadian sekitar pukul 14.30 WIB. Begitu mendapatkan informasi kita dari unit pemadam kebakaran Lubuk Pakam terjun ke lokasi. Sekitar 2.800 ayam dalam satu kandang tadi mati terbakar, " ujar Hamdani Admaja, Komandan Regu Pos Lubuk Pakam Dinas Pemadam Kebakaran Deli Serdang.

Ditambahkan Hamdani lagi, butuh waktu hampir tiga jam lamanya bagi petugas pemadam kebakaran untuk menjinakkan api. Hal ini dikarenakan kandang ayam yang terbuat dari kayu dan atap rubiah, sehingga api dengan cepat berkobar dan menjalar keseluruh bagian kandang. 

"Kita baru pulang tadi ketika areal sudah steril karena kami harus memastikan bara api juga padam agar tidak ada kebakaran kembali," ujar Hamdani saat di konfirmasi melalui hp nya

Tidak ada korban jiwa dalam insiden kebakaran tersebut. Namun diperkirakan perusahaan ternak ayam merugi hingga ratusan juta rupiah. Sementara, untuk penyebab pasti kebakaran pun belum diketahui. Namun Hamdani menduga api berasal dari blower kipas angin yang berada di dalam kandang tersebut. 

"Untuk penyebab belum diketahui secara pasti karena kepolisian masih melakukan pemeriksaan. Namun saya duga melihat dari pergerakan api mungkin dari blower kipas angin yang ada disana konslet kemudian terbakar," tutupnya. 

Sementara itu, saat dikonfirmasi oleh perwakilan awak media, Polres Sergai dan Kapolsek Perbaungan AKP M Pandiangan belum memberikan keterangan terkait kebakaran tersebut. 

(and)

Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru