Bupati Tapsel Sampaikan LKPD TA 2023 ke BPK RI

Suhut Gultom - Selasa, 05 Maret 2024 09:45 WIB
Bupati Tapsel Sampaikan LKPD TA 2023 ke BPK RI
Istimewa
bulat.co.id - TAPSEL | Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly P Pasaribu SPt MM menyerahkan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kabupaten Tapsel TA 2023 ke Kepala Pemeriksa Keuangan (BPK) RI perwakilan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Eydu Octain Panjaitan di Kantor BPK RI perwakilan Provsu, Medan, Senin (4/3/24).Bupati Dolly menyebutkan bahwa penyampaian LKPD bagi Pemerintah Daerah merupakan tuntutan UU No. 23 Tahun 2014, dimana LKPD sudah harus disampaikan paling lambat 3 (tiga) Bulan setelah Tahun Anggaran berakhir.

Advertisement
"Alhamdulilah, kita taat azas dan taat aturan. Pemkab Tapsel telah menyelesaikan dan menyerahkannya lebih awal dibandingkan dengan jadwal yang ditetapkan", sebut Dolly.

Baca Juga:
Hal tersebut sebagai wujud dari langkah percepatan bagi Pemkab Tapsel untuk memenuhi rangkaian pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun 2023 yang lalu.

"Kita optimis LKPD yang disampaikan ini dapat memenuhi kriteria laporan keuangan yang dipersyaratkan, baik kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan informasi maupun kepatuhan pada peraturan dan efektivitas pengendalian intern", tutur Dolly.

Lanjut Dolly, hasil pemeriksaan BPK ini nantinya dapat dijadikan barometer bagi setiap instansi menyangkut aspek ketertiban, transparansi dan akuntabilitas dalam mengelola keuangan Negara yang diamanatkan.

"Kiranya Tapsel nantinya dapat kembali meraih opini WTP untuk yang ke 10 kalinya", ujar Dolly.

Dolly menambahkan bahwa BPK RI memberikan apresiasi ke Bupati sebab Tapsel Pemerintah Daerah yang pertama dari 33 Kabupaten/Kota di Sumut yang telah menyampaikan Laporan Keuangan untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh Tim Audit BPK.

"BPK RI mengapresiasi gerak cepat kita dan berharap agar Pemkab Tapsel juga dapat mempertahankan Opini WTP", ungkap Dolly.

Turut hadir pada giat tersebut, Kaban Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Tapsel M Frananda dan Plt Inspektur Daerah Kabupaten Tapsel Ahmad Fikri serta Pejabat lainnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru