Bupati Buka MTQ ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel

Suhut Gultom - Sabtu, 27 April 2024 16:32 WIB
Bupati Buka MTQ ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel
istimewa
Bupati Dolly ketika menyampaikan sambutannya pada pembukaan MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel
bulat.co.id - Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Dolly Pasaribu, berharap suksesnya MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel, menjadi cermin berhasilnya penyelenggaraan MTQ Ke-39 tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu)

Demikian hal disampaikan Bupati Dolly saat membuka MTQ Ke-56 Tingkat Kabupaten Tapsel di Lapangan Bola Patuan Muda Parlindungan, Desa Tolang, Kecamatan Sipirok, Tapsel. Jumat (26/4/2024) malam.

Advertisement

Bupati Dolly dalam sambutannya menyampaikan pada hakekatnya pelaksanaan MTQ ke-56 ini adalah untuk membina ukhuwah Islamiyah dalam rangka meningkatkan dan mengembangkan syiar Islam serta membumikan Al-Qur'an di Tapsel dalam menjaring para qori dan qori'ah yang selanjutnya akan mengikuti MTQ tingkat Provsu.

Baca Juga:

"MTQ kali ini diharap dapat dijadikan sebagai salah satu tonggak dalam rangka membina qari dan qari'ah menuju kemandirian serta sebagai sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan warga dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan untuk memberantas buta aksara Al-Qur'an di Tapsel yang kita cintai ini," ujar Dolly.

Dikatakan Dolly bahwa Kabupaten Tapsel akan menjadi tuan rumah MTQ tingkat Provsu. Dan terimakasih ke semua pihak atas terlaksana MTQ.

"Saya berharap para qari dan qari'ah yang akan berlomba agar dapat mengerahkan seluruh kemampuan yang dimiliki, karena para juara yang dihasilkan dari pelaksanaan MTQ ini sekaligus dijadikan peserta untuk perlombaan MTQ tingkat Provsu mendatang", harap Dolly.

Sementara, Kapolres Tapsel AKBP Yassir Ahmadi SIK SH MH mengucapkan terimakasih ke Bupati Dolly atas jerih payahnya sehingga terlaksana MTQ tingkat Kabupaten Tapsel.

"Kami dari Polres Tapsel merasa bersyukur atas terselenggaranya MTQ tingkat Kabupaten, ini menandakan bahwa Tapsel masih mencintai dan mengamalkan isi Al-Qur'an dan mensyiarkan Al-Qur'an ke generasi muda, saya yakin jika semua mengamalkan isi kandungan dalam Al-Qur'an maka tidak akan ada lagi tindak kejahatan dan tentu ada kenyamanan dan kedamaian di Tapsel ini", ucap Kapolres.

Sebelumnya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra sekaligus Ketua Panitia Hamdan Zen menjelaskan, MTQ ke-56 tahun 2024 dilaksanakan selama 3 hari mulai dari 26 sampai 28 April dan adapun kafilah yang turut serta dalam pelaksanaan MTQ terdiri dari 271 kafilah laki-laki, 264 kafilah perempuan dan 122 official dari seluruh Kecamatan yang akan berlomba pada 14 cabang dan akan dinilai oleh 117 orang dewan hakim.

"Cabang lomba tersebut antara lain tilawah remaja dan dewasa, tafsir bahasa Indonesia dan Inggris, Syahril qlQur'an, Fahmil Qur'an, Hifzil Qur'an 1 juz dan 10 juz, Hifdzil Qur'an 5 juz dan 20 juz, Hifdzil Qur'an 30 juz dan Tafsir Qur'an, Khot-il Qur'an, Mujawwad anak-anak dan Tartil Qur'an, Tartil remaja, Musabaqoh Qiraatul Kutub, Musabaqoh Qiraatul Ulya, Hadits 100, Hadits 500, dan Makalah al-qur'an", sebut Hamdan.

Giat ditutup dengan menyerahkan piala bergilir ke Ketua Panitia MTQ ke-56 tingkat Kabupaten Tapsel.

Tampak hadir pada giat tersebut, Forkopimda Plus Tapsel, Sekda Tapsel, Ka BNNK, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan OPD, Kabag, para Camat se-Tapsel, Kakan Kemenag Tapsel, Ketua MUI Tapsel, Ketua TP PKK Tapsel, Ketua DWP Tapsel, Pimpinan Perusahaan, Perbankan, Instansi vertikal, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, Tokoh adat, Pimpinan OKP, Ormas, Kepemudaan serta Pejabat lainnya.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru