Chow Yun Damanik, WN Swiss Berdarah Batak Batal Masuk Skuad Timnas Indonesia U-17

Hadi Iswanto - Senin, 30 Oktober 2023 23:00 WIB
Chow Yun Damanik, WN Swiss Berdarah Batak Batal Masuk Skuad Timnas Indonesia U-17
Chow Yun Damanik batal perkuat timnas Indonesia U-17
bulat.co.id -Piala Dunia U-17 2023 menjadi magnet bagi banyak pemain muda berdarah Indonesia. Salah satunya adalah Chow Yun Damanik, seorang pemain muda asal Swiss yang memiliki darah Indonesia, suku Batak, Sumatera Utara.

Chow Yun Damanik adalah seorang pemain muda keturunan yang bermain di Swiss. Ia lahir di Lausanne, Swiss, pada tanggal 24 Agustus 2007. Keturunan Indonesia mengalir dalam dirinya melalui ibunya, yang berasal dari Medan, Sumatera Utara.

Advertisement

Menurut informasi yang diunggah di akun Instagram @futboll.indonesiaa, ibu Chow Yun Damanik awalnya memiliki paspor Indonesia. Namun, setelah ia pindah ke Swiss bersama suaminya, status kewarganegaraannya pun berubah.

Baca Juga:

Saat ini, Chow Yun Damanik memiliki satu kewarganegaraan tunggal, yaitu kewarganegaraan Swiss. Hal ini berarti ia harus menjalani proses naturalisasi untuk memiliki kesempatan membela Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

Chow Yun Damanik bermain sebagai seorang gelandang. Ia dapat berperan sebagai gelandang bertahan atau gelandang tengah, tergantung pada kebutuhan timnya.

Pemain berpostur 177 cm ini saat ini bermain untuk FC Lausanne-Sport U-17, yang merupakan akademi dari FC Lausanne-Sport, klub yang berlaga di liga teratas Swiss.

Dengan pengalaman bermain di klub Swiss yang prestisius, Chow Yun Damanik dianggap sebagai salah satu calon kuat untuk mengisi posisi lini tengah Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023 mendatang.

Sayangnya, meskipun memiliki potensi besar, Chow Yun Damanik belum berhasil masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-17, karena ada kendala administrasi yang belum terselesaikan.

Chow sebenarnya digadang-gadang jadi andalan di sektor tengah Garuda Asia.

Dia juga sudah merasakan training camp (TC) di bawah komando pelatih Bima Sakti di Jerman.

Namun, jelang 10 hari pertandingan perdana melawan Ekuador, Chow dipastikan tidak bisa bermain.

Dokumen yang memastikan kapan sang ibu menjadi WNI tidak dikirimkan.

Hal ini membuat PSSI akhirnya tidak bisa mendaftarkan Chow ke Piala Dunia U-17 2023 nanti.

Sedih Batal Perkuat Timnas

Chow-Yun Damanik mengaku sedih karena impiannya untuk membela Timnas U-17 belum terwujud. Namun, pemain berdarah Batak itu ingin tetap fokus menjalani kariernya ke depan.

Hal itu diungkap Chow-Yun Damanik melalui unggahan di akun Instagram pribadinya, Senin (30/10/2023).

"Halo semuanya, saya rasa kalian semua sudah mendengar rumor yang beredar. Jadi ya saya tidak akan berpartisipasi di Piala Dunia U-17 bersama tim Indonesia karena masala paspor," tulisnya.

"Saya orang pertama yang bersedih, tapi itulah hidup, saya akan fokus pada tujuan saya dan melangkah maju," sambungnya.

Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru