Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Tinjau 4 Desa Di Tapsel

Suhut Gultom - Senin, 25 Maret 2024 20:00 WIB
Tim Evaluasi Desa Binaan Provsu Tinjau 4 Desa Di Tapsel
ist
Kedatangan Sekretaris TPPKK Provsu dan Sekda Tapsel dan rombongan di salah satu Desa saat disambut dengan tortor Angkola.
bulat.co.id - Tim evaluasi Desa binaan Provinsi Sumatera Utara (Provsu) melakukan evaluasi secara serentak di 4 Desa yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel). Senin (25/3/2024).

Adapun 4 Desa yang dievaluasi hari ini yakni, Desa Aek Gunung Kecamatan Batang Angkola kategori Kesatuan Gerak PKK Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK), Desa Sanggapati Kecamatan Angkola Timur kategori Lingkungan Bersih Sehat (LBS). Desa Simaninggir Kecamatan Sipirok kategori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan Desa Tarapung Raya, Kecamatan Muara Batang Toru kategori Pos Pelayanan Kesehatan Terpadu (Posyandu).

Advertisement

Dikesempatannya, Bupati Tapsel diwakili Sekda, Sofyan Adil di Desa Aek Gunung menyampaikan ucapan terimakasih dan sekaligus mengapresiasi seluruh jajaran TPPKK, mulai dari tingkat Desa hingga tingkat Kecamatan serta Dasawisma.

Baca Juga:

Sofyan juga menyampaikan ucapan terimakasih ke semua stakeholder yang telah ikut dalam proses pembinaan terhadap Desa yang telah ditetapkan sesuai dengan kategori masing-masing.

"Terimakasih ke semua stakeholder dan TPPKK yang ikut dalam proses pembinaan ke Desa dengan katagori masing-masing", ucap Sofyan.

Sofyan menambahkan, evaluasi menyeluruh terhadap program kerja sangat penting, agar program yang disusun dapat lebih efektif, tepat arah, dan tepat sasaran, serta berdaya dan berhasil guna secara optimal dan mampu merumuskan program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

"Diharap, proses evaluasi yang akan dilakukan pada kesempatan ini nantinya, telah memenuhi seluruh indikator penilaian sehingga mampu mengantarkan Desa-Desa yang telah ditunjuk keluar sebagai yang terbaik untuk tingkat Provsu. Sehingga nantinya dapat menjadi motivasi bagi Desa-Desa lainnya sekaligus menjadi 'Role Model' dalam standarisasi penataan administrasi dan fisik Desa", imbuh Sofyan.

Sedangkan, Sekretaris TPPKK Provsu Ketua Tim Evaluasi, Reza Pahlevi Lubis mengungkapkan rasa puas saat melakukan evaluasi ke Tapsel.

"Kita senang melihat kekompakan yang dibangun Bupati Dolly Pasaribu dengan sesama OPD, Kecamatan dan Desa, yang telah kompak untuk menyukseskan giat evaluasi Desa binaan. Ini sungguh luar biasa menurut kami", ujar Reza.

Hal-hal tentang menjadi syarat penilaian Desa Aek Gunung sebagai Desa binaan kategori PKK-KKBPK-KES, sudah lengkap dan patut diapresiasi.

"Seperti buku laporan, tanggapan seluruh stakeholder sudah cukup baik, tidak ada yang kurang, malahan banyak yang diluar ekspektasi, dan layak mendapat juara, jadi tunggu hasil pengumumannya", ungkap Reza.

Editor
: Hadi Iswanto
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru