Jaga Stabilitas Perputaran Uang di Daerah

Ven Darung - Rabu, 15 November 2023 15:20 WIB
Jaga Stabilitas Perputaran Uang di Daerah
Frans Go (kemeja putih) bersama wartawan senior, Don Bosco

bulat.co.id -Fransiscus Go, seorang pengusaha asal Timor yang berkiprah di ibukota Jakarta, mewacanakan pemberdayaan ekonomi mikro, kecil, menengah, guna menjaga stabilitas perputaran uang di daerah, dengan mengandalkan tingkat partisipasi pelaku ekonomi, dan pemanfaatan produk lokal sebesar – besarnya.

Advertisement

Untuk itu, kata Frans Go, pemerintah daerah melalui sejumlah SKPD terkait, mendukung upaya pemberdayaan sesuai tupoksinya masing – masing dan melakukan pendampingan finansial, pendampingan produksi dan kemasan, pendampingan pemasaran.

Baca Juga:

"Pemerintah daerah bisa melakukan kegiatan kemudahan regulasi dan evaluasinya, guna memacu akselerasi peningkatan usaha UMKM daerah. Diperlukan upaya – upaya dan terobosan kreatif untuk menciptakan produk unggul daerah, sebagai wujud nyata keaktifan UMKM daerah tersebut. Peran pemerintah daerah ialah memacu dan menciptakan sentra – sentra UMKM unggul, untuk dikembangkan lebih baik lagi. Dalam hal ini, pemerintah daerah bisa melakukan kewenangan intervensinya," sebut Frans Go.

Dia menambahkan, UMKM digiatkan mulai dari level desa sebagai lingkup terkecil, sekaligus ujung tombak. Desa dipacu untuk menjadi desa mandiri yang giat dalam ekonomi.

Penting sekiranya kepala desa dan jajarannya untuk melihat dan mengembangkan potensi di desa tersebut, sehingga menjadi produk lokal unggulan.

Editor
: Andy Liany
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru