Jelang Pemilu 2024, Polres Binjai Bersama Forkopimda Laksanakan Deklarasi Pemilu Damai

Hendra Mulya - Jumat, 20 Oktober 2023 14:00 WIB
Jelang Pemilu 2024, Polres Binjai Bersama Forkopimda Laksanakan Deklarasi Pemilu Damai
Istimewa
Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen saat memberikan sambutan dalam kegiatan deklarasi damai

bulat.co.id -BINJAI | Memasuki masa Pemilu 2024, Polres Binjai bersama Forkopimda, KPU, Bawaslu, Partai Politik, tokoh masyarakat, Ormas dan tokoh agama melaksanakan deklarasi Pemilu damai.

Advertisement

Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Umar Baki, jalan Veteran, Kelurahan Tangsi, Kecamatan Binjai Kota, Kota Binjai pada Jumat (20/10/23) sekira pukul 10.00 wib.

Baca Juga:

Kegiatan deklarsi Pemilu damai untuk mendapatkan kesepakatan bersama demi menciptakan pemilu yang kondusif ini dibuka langsung oleh Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen SIK.

Baca Juga :Mobil Terbakar di Ladang Kebun PTPN II Langkat, Cek Faktanya

Pada sambutannya, Kapolres Binjai AKBP Rio Alexander Panelewen SIK menyampaikan, saat ini telah memasuki tahapan pemilihan umum legislatif, presiden dan wakil presiden tahun 2024.

Dalam menghadapi tahapan Pemilu ini, Polri menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi "Mantap Brata Toba tahun 2023-2024 " yang dilaksanakan dari Mabes Polri, Polda Sumut dan Satwil yang didukung oleh TNI, Instansi terkait dan Mitra Kamtibmas lainnya.

Dalam rangka pengamatan tahapan Pemilu tahun 2023-2024, lanjut Rio, akan dilaksanakan pengamanan selama 222 hari, terhitung mulai tanggal 19 Oktober 2023 sampai dengan 20 Oktober 2024.

"Mulai dari tahap pendaftaran dan penetapan calon presiden dan wakil presiden, masa kampanye, masa tenang, pemungutan suara dan penghitungan suara serta hasil penetapan Pemilu dan pengucapan sumpah janji anggota DPR, DPD, DPRD serta pengucapan sumpah janji presiden dan wakil presiden," ujar AKBP Rio Alexander Panelewen SIK.

Tujuan dari Operasi Mantap Brata ini, kata Rio, untuk terciptanya keamanan, kelancaran dan ketertiban pada setiap tahapan pemilu tahun 2023-2024.

"Harapannya, setelah dilaksanakannya deklarasi Pemilu damai, memegang komitmen agar Pemilu di Kota Binjai ini bisa berjalan aman dan damai, sukses dan lancar serta menolak segala bentuk hoax, ujaran kebencian politisasi sara dan politik uang, sesuai slogan Kota Binjai adalah Kota Religius dan Kota rambutan," harap Rio.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru