Heboh Pesawat Berputar-putar di Langit Kota Binjai, Ini Penjelasan Pihak Lion Air

Hendra Mulya - Selasa, 12 Maret 2024 07:00 WIB
Heboh Pesawat Berputar-putar di Langit Kota Binjai, Ini Penjelasan Pihak Lion Air
Istimewa
bulat.co.id - BINJAI | Pesawat milik Lion Air yang membawa jemaah umrah sempat menghebohkan warga Binjai. Pasalnya, pesawat itu sempat berputar-putar di langit Kota Binjai sejak sore hingga malam hari, Senin (11/3/24).

Bahkan banyak masyarakat mengabadikan momen saat pesawat Lion Air berputar-putar di langit Kota Binjai.

Advertisement

Danang Mandala Prihantoro selaku Corporate Communications Strategic of Lion Air mengatakan, pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-106 dari Surabaya menuju Jeddah melakukan pengalihan pendaratan ke Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Baca Juga:

"Hal ini dilakukan karena adanya perubahan waktu berlakunya pemberitahuan resmi (NOTAM) dari otoritas di Sri Lanka yang menyatakan penutupan sementara wilayah udara di sana," kata Danang melalui pesan tertulisnya yang diterima.

Pengalihan pendaratan ke bandar udara alternatif, lanjut Danang, merupakan prosedur standar dalam operasional penerbangan yang bertujuan untuk memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Pengalihan pendaratan di bandar udara alternatif ini bukan disebabkan oleh masalah teknis pada pesawat," tegasnya.

Sebelum mendarat, terang Danang, pesawat melakukan holding (terbang mengelilingi) di udara untuk beberapa waktu dengan tujuan mengurangi berat pesawat melalui pemakaian bahan bakar.

"Hal ini adalah langkah yang diambil agar pendaratan sesuai dengan limitasi pesawat (berat pesawat saat melakukan pendaratan)," jelasnya.

Setelah mendarat dengan selamat di Bandar Udara Internasional Kualanamu, kata Danang, rencananya pesawat akan melanjutkan penerbangannya menuju Jeddah setelah bandar udara di Colombo, Sri Lanka, dibuka kembali dan dianggap aman untuk dilayani.

"Seluruh prosedur yang diambil ini menunjukkan komitmen Lion Air dalam menjaga keselamatan penumpang dan kru pesawat," tutupnya.

Editor
: Hendra Mulya
Tags
Berita Terkait
Komentar
Berita Terbaru